Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Jeruk Keprok

Ajeng Maulidia Pratami, M. Noerhadi Sudjoni, Sri Hindarti

Abstract


Pengembangan sektor pertanian sangat penting bagi suatu negara. Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi dalam negeri, sektor pertanian mulai dari hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan juga menjadi nilai impor yang cukup menjanjikan apabila kualitasnya dikelola dengan baik. Indonesia dengan kekayaan alamnya, yang bisa menumubuhkan berbagai jenis varietas tumbuhan menjadi salah satu negara penghasil bahan pangan di dunia. Pemasok buah-buahan dunia jua berasal dari Indonesia. Salah satu daerah di Indonesia yang menjadi penghasil atau sentra buah adalah Desa Selorejo di Dau, Malang. Dimana desa tersebut menjadi salah satu desa wisata sekaligus penghasil buah Jeruk keprok. Pengembangan sektor perkebunanpenting bagi suatu daerah, selain untk mengupayakan kesejahteraan petani, pengembangan sektor perkebunan buah berguna untuk mengubah pola hidup masyarakat dalam konsumsi buah dan sayur untuk pola hidup sehat masyarakat. Strategi pemasaran menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan penjualaan jeruk keprok. Untuk menghindari kerugian akibat komoditas yang tidak terjual, maka strategi pemasaran yang tepat perlu di kembangkan. Salah satu strategi penjualan yang dapat digunakan adalah strtegi mix 7P yang menyasar 7 aspek penting dalam upaya pemasaran.

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran

Full Text:

PDF 39-48

References


Alma,Buchari.2005.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Amstrong, G dan Kotler, P. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran, cetakan pertama. Jakarta: Erlangga

Backer, A and Van Den Brink, B. 1965, Flora of Java (Spermatophytes Only). Volume I,N.V.P. The Nederlands, Noordhoof. Gronigen

Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Data Kontribusi Jeruk di Indonesia 2018: Badan Pusat Statistik Nasional

Deputi Menegritek. 2010. Jenis-Jenis Jeruk. Deputi Menegristek Nasional

Fata, Zayinul. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Batik. Tesis Jurusan Ekonomi Pembangunan. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Fontana,A. 2009. Innovate We Can!. Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai. Jakarta: Gramedia Widiasara Indonesia

Gugup, K. 2001. Bisnis Pengantar. Yogya : BPFE

Harley, L.S.2009. Identifikasi Nilai Ekonomi Ekosistem Hutan Mangroove di Desa Tawiri, Ambon. Jurnal, volume 5, Nomor 1: 23-24

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta : Bumi Aksara

Hermawan, Agus. 2013. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kalakota, R and Whinston, A. B,. 1997. Elektronic Commerce: A Manager’s guide, Addison- Wesley: Reading Mass : Harley, England

Kotler, Philip. 2008. Prinsip- Prinsip Pemasaran, jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip and Gerry Amstrong. 2014. Principle of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Practice Hall

Kusumawati, R dan Sudento, A. 2005. Analisis Profitabilitas (ROE), Ukuran Perusahaan (Size) dan Leverage Keuangan (Solvabilitas) terhadap Tingkat Underpracing pada Penawaran Perdana Unitial Public Offering) di Bursa Efek Jakarta. Utilitas Vol. 13 No. 1. P: 93-110

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A,. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Mankiw, Makroekonomi, edisi keenam. Jakarta: Erlangga

Mardikanto, T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surabaya

Murni, Sumarni dan John Stephan. 2010. Pengantar Bisnis: Dasar –Dasar Ekonomi Perusahaan, edisi kelima. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta

Naharsari, N. D. 2007. Bercocok Tanam Jeruk. Azka Press. ISBN 978-979-1211-03-6

Nirwana. 2004. Prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Dioma

Pranadji, T. 2006. Modal Sosial Untuk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan dalam Pengelolaan Agroekosistem Lahan Kering. Jurusan Agro Ekonomi. 24: 78-206

Subhan. 1990. Pengaruh Pupuk Nitrogen dan Kalium terhadap Pertumbuhan Petsai (Brassica Pekinensis) kultivar Naga Oka Buletin Penelitian Holtikultura 9 (2):1-11

Sudjoni, Noerhadi Moch. Irawan, dan Faried Wijaya. 1996. Pemasaran : Prinsip dan Kasus, edisi kedua. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta. ISBN 979-503-330-1

Sudjoni, Noerhadi Moch. 2016. Small Enterprise Management. Malang: Universitas Islam Malang Press

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Sumaatmadja, Nursid. 1998. Metode Pembelajaran Geografi. Jkarta : Bumi Aksara

Sumarni, M dan Sueprihanto. 2010. Pengantar Basis (Dasar- Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi Kelima. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Sumber Daya dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ajeng Maulidia Pratami, M. Noerhadi Sudjoni, Sri Hindarti



Supported by: