ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PREFERENSI KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN ORGANIK (Studi Pada Pelanggan Super Indo Malang)

Nicky Nara Mustika Ratih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis faktor – faktor preferensi konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian sayuran organik di Super Indo Malang. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan pada bulan April 2019 berlokasi Super Indo Malang dengan sampel, yaitu 70 konsumen responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi model logit. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik konsumen yang membeli sayuran organik di Super Indo sebagian besar perempuan 63%,, melihat dari latar belakang pendidikan konsumen berada dalam kategori berpendidikan tinggi yaitu sarjana 67% hingga pasca sarjana 26%. Konsumen Super Indo berstatus bekerja dan memliki pendapatan tinggi yaitu lebih dari Rp. 5.000.000 per-bulannya. Faktor preferensi konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu kualitas produk sayuran organik, keramahan dan kesopanan karyawan dalam melayani konsumen, kenyamanan dan perasaan aman saat berada di Super Indo, dan promosi dengan α ≤ 0,15. Perlu adanya peran pemerintah dalam memberikan sosialisasi terhadap masyarakat informasi terkait manfaat dalam menkonsumsi sayuran organik.

Full Text:

PDF

References


Aji, Joni Murti Mulyo dan Agung Widodo, 2010.Perilaku Konsumen Pada Pembelian Beras Bermerek di Kabupaten Jember dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal: J-SEP Vol 4 No. 3 November 2010. Assael, Henry. 1998. Consumer Behavior and Marketing Action 6th Edition, New York: South Western College Publishing. Danang Waskito, dkk (2014) yang berjudul “Persepsi Konsumen Dalam Makanan Organik Di Yogyakarta (Jurnal). Pelita. Vol. IX, No. 1 Eliza, dkk (2011) yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Di Pasar Arengka ( Pasar Tradisional Dan Giant Hypermarket (Pasar Modren) Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru”. (Jurnal). Vol. 2, No. 1 Engel, J. F., G. Blackwell, dan P. W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen . Jilid 1. Binarupa Aksara, Jakarta. Euis Dasipah, dkk (2010), yang berjudul “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Sayuran Di Pasar Modern Kota Bekasi. (Jurnal). CEFARS : Jurnal Agribisnis dan Pembangunan Wilayah. Vol. 1, No. 2 Hawkins dan Van den Ban. 1999. Penyuluhan Pertanian. Kanisius. Yogyakarta Ida Ayu Ratih Pravita (2013) yang berjudul “Presepsi Konsume Terhadap Beras Organik dan Anorganik di Toko Satvika Boga Sanur Bali. (Jurnal). E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. Vol. 2, No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nicky Nara Mustika Ratih



Supported by: