STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KOPI KAMPUNG LEGO DI KELURAHAN GOMBENGSARI KABUPATEN BANYUWANGI

Vivy Cornelia Virdayanti, Sri Hindarti, Nikmatul Khoiriyah

Abstract


Abstract

Strategi pengembangan wisata adalah suatu keseluruhan rencana yang memiliki sifat komprehensif dan terpadu untuk memuaskan wisatawan sehingga dapat menjadi destinasi yang berkelanjutan. Strategi pengembangan ini diperlukan untuk mengembangkan Wisata Kopi Kampung Lego yang berada di Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal. (2) untuk menganalisis strategi pengembangan yang dapat diterapkan pada Wisata Kopi Kampung Lego. Lokasi penelitian ini dilakukan di Wisata Kopi Kampung Lego Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling yaitu menggunakan responden yang ditemui secara kebetulan yang bertemu dan tidak direncanakan sebelumnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks SWOT, Matriks SPACE, Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan nilai IFAS sebesar 3,10 dan EFAS sebesar 2,83 yang artinya Wisata Kopi Kampung Lego berada pada kondisi di atas rata-rata yang berarti posisi Wisata Kopi Kampung Lego mampu memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi kelemahan pada Wisata Kopi Kampung Lego secara maksimal. Dan matriks IE menunjukkan bahwa posisi Wisata Kopi Kampung Lego berada di sel IV yaitu berada dalam posisi stability strategi yang artinya strategi yang diterapkan tanpa mengubah arah strategi yang telah ditetapkan. Selanjutnya hasil dari matriks IE ini dijadikan acuan dalam merumuskan strategi pada matriks SWOT dengan menggabungkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Pada matriks SPACE posisi Wisata Kopi Kampung Lego berada pada kuadran agresif. Dan berdasarkan hasil analisis matriks QSPM bahwa strategi prioritas yang dapat diimplementasikan pada Wisata Kopi Kampung Lego yaitu mengusulkan perbaikan jalan menuju agrowisata kepada pemerintah setempat.

Keyword: Strategi pengembangan, Internal dan Eksternal, Analisis QSPM

Full Text:

PDF

References


A. Adrianus Bria, A. A. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Strawberry Di Agrowisata Petik Strawberry. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3), 226-238.

A. Fahmi Arwangga, I. R. (2016). Analisis Kandungan Kafein Pada Kopi Di Desa Sesaot

Narmada Menggunakan Spektrofometri Uv-Vis. Jurnal Kimia, 10(1), 110-114.

A. Ramadhani., D. Susilowati., S. Hindarti. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN

SAYURAN ORGANIK STUDI KASUS DI ABANG SAYUR ORGANIK KOTA

MALANG. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis. 9(2). 1-10.

Alam, A. S., & Cawer, dan M. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Tani Kopi Arabika ( Studi Kasus Di Desa Gunungsari , Kecamatan. Jurnal Agrivita, 1(1), 23–32.

Atikah, N. N. (2012). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS: RESTORAN RAMEN ABOY), 51(1), 46-53.

Arie. Y.S., Nikmatul., K., Nurhadi., S. (2021). Efisiensi Dan Strategi Pemasaran Produk Kopi

Mbahtoe. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 33-41

A. Setyowati, N. Khoriyah. (2020). EFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN KRIPIK

SALAK (STUDY KASUS: PUSAT OLEH-OLEH PRONOJIWO WINNA SARI, DESA

SIDOMULYO KECAMATAN PRONOJIWO KABUPATEN LUMAJANG. Jurnal

Kesehatan Pangan. 4(1). 43-53

H. Setyorini, U. E. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53.

I. Febryanti, S. Hindarti, A. Joko Saputro. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN

AGROWISATA PETIK BUAH JERUK DI DESA SELOREJO KEC. DAU KAB.

MALANG. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 7(1). 1-12.

Khoiriyah, N., Anindita, R., Hanani , N., & Muhaimin, A. W. (2018). Analisis Permintaan Pangan Hewani Rumah Tangga Perkotaan Di Indonesia: Sebuah Pendekatan Quadratic Almost Ideal Demand System (QUAIDS). Prosiding Seminar Nasional dan Internasional, 155-163.

Kunanto, P., Bambang, S., & Sri, H. (2021). Strategi Peningkatan Produktivitas Jeruk Keprok Batu

Di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan

Agribisnis. 1-9

L. Trimo, G. M. (2018). Kajian Strategi Pengembangan Agrowisata Kopi Luwak (Studi Kasus Kopi Luwak Manglayang, Kampung Pondok Buahbatu-Cikawari, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung). Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 3(2).

N. Hidayat, Z. Arifin, S. Hindarti. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA

BERBASIS PRODUK UNGGULAN LOKAL (Studi Kasus Di Desa Banuaju Barat Kec.

Batang Batang Kab. Sumenep. SEAGRI. Vol 1. Nomor (4) : 1-10.

N. Putri, R. A. (2014). Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm. Jurnal Industria, 3(2).

Nelly Nur Azizah, F. R. (2020, June). Strategi Pengembangan Agrowisata Melalui Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Edutourism Journal of Tourism Research, 02(01), 43-54.

M. Jailani, Hindarti, S., (2020). Strategi Pengembangan Agrowisata Melon Sebagai Produk Unggulan Melalui Kelompok Tani. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian.

Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24.

Rahmad, Taufik., N. Khoiriyah. (2019). Strategi Pemasaran Jambu Kristal di PT. Kusuma Agrowisata Kota Batu Guna Memunculkan Market Leader. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Vol.7. Nomor (1) : 1-12

Richard, A., N. Khoiriyah., Zainul. A. (2024). Strategi Pemasaran Madumongso Pada Industri

Rumah Tangga Ar-Rohmah Di Kecamatan Pilangkencceng Kabupaten Madiun. Jurnal

Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 12(2). 1-9

S. Hindarti, L. Maula. (2020). Strategi Pengembangan Agribisnis Bawang Merah di Purworejo . 2(2), 69-77.

Santoso, J. (2017). Pengembangan Agroekowisata Berbasis Perkebunan Kopi Rakyat di Kecamatan Tutur , Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat Agrokreatif, 3(November), 157-165.

Utami, R. A., & Novikarumsari, N. D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Petani Kopi Lego Menuju Agrowisata Berkelanjutan dalam Perspektif Pentahelix Model di Gombengsari , Kabupaten Banyuwangi Agrotourism in the Perspective of the Pentahelix Model in Gombengsari , Banyuwangi Regency. Jurnal Komunikasi, 3(1), 61–74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vivy Cornelia Virdayanti, Sri Hindarti, Nikmatul Khoiriyah



Supported by: