Analisis Efisiensi Usahatani Jagung (Zea mays L) (Studi Kasus: Desa Pajaran, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan)

Adelia Putri Pangestuti, Zainul Arifin, Lia Rohmatul Maula

Abstract


Abstrak

Peran sektor pertanian dalam pembangunan Indonesia dapat dilihat dari kotribusi pada sektor pertanian tehadap perekonomian nasional. Jagung merupakan salah satu komoditas utama tanaman pangan yang mempunyai peranan strategis dalam pembangunan pertanian dan perekonomian nasional. Permintaan jagung Indonesia dipenuhi dari produksi nasional dan impor. Produksi jagung nasional meningkat setiap tahun, namun hingga kini belum mampu memenuhi permintaan kebutuhan dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya usahatani. Lokasi pada penelitian ini berada di Desa Pajaran Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Penentuan lokasi penelitian ditetapkan dengan menggunakan metode secara sengaja (purposive), pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling sebanyak 55 responden petani jagung. Pendapatan rata-rata petani di sebesar Rp. 18.919.100/Ha/MT dengan penerimaan Rp. 35.747.700/Ha/MT dan biaya produksi usahatani jagung sebesar Rp. 12.352.300 serta dengan R/C Ratio sebesar 2,3. Dapat disimpulkan bahwa usahatani jagung di Desa Pajaran Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan adalah menguntungkan dan layak dikembangkan.

Kata Kunci : Usahatani  Jagung, Pendapatan, Efisiensi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kab. Pasuruan. (2022). Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Komoditas Jagung di Kabupaten Pasuruan Tahun 2018 -2022.

Dies, F., Yurisinthae, E., & Aritonang, M. (2023). Efisiensi Alokatif Usahatani Jagung Pipil Di Desa Bange Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(3), 1044.

Joko, J., Yurisinthae, E., & Oktoriana, S. (2022). Efisiensi Ekonomis Usahatani Jagung di Kubu Raya. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(2), 657.

Kujang, P. (2020). Pupuk NPK Phonska. PT Pupuk Kujang Cikampek.

Nikmatul, K. (2020). Usahatani Porang dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga (Study Kasus : Di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(3), 113–123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adelia Putri Pangestuti, Zainul Arifin, Lia Rohmatul Maula



Supported by: