KARAKTERISTIK PENGUNJUNG AGROWISATA BLIMBING KARANGSARI KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR

Mohamad fajarrudin, Dwi Susilowati, Bambang Siswadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengunjung Agrowisata Blimbing Karangsari Kota Blitar. Metode yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 55 responden pengunjung yang dipilih secara insidental. Karakteristik pengunjung dianalisis berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, frekuensi kunjungan, dan domisili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung Agrowisata Blimbing Karangsari didominasi oleh perempuan (76,36%), lansia berusia di atas 41 tahun (34,55%), berpendidikan SMA (74,55%), berprofesi sebagai ibu rumah tangga (47,27%), berpendapatan di atas Rp 3.000.000 (50,91%), sering mengunjungi lebih dari tiga kali (50,91%), dan berasal dari Kota Blitar (52,73%). Temuan ini dapat menjadi pertimbangan dalam pengembangan potensi dan pengelolaan Agrowisata Blimbing Karangsari agar sesuai dengan minat dan kebutuhan pengunjung.

Kata Kunci: Desa Agrowisata, Karakteristik pengunjung, Blitar


Full Text:

PDF

References


Kotler, P. dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Erlangga. Jakarta.

Morrison, A.M. 2002. Hospitality and Travel Marketing. Third Edition. Delmar Publishers. New York.

Utama, I.G.B.R. dan Junaedi, I.W.R. 2018. Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia (Solusi Menghadapi Tantangan Pariwisata Masa Depan). Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Cherlin, M. T. (2024). Karakteristik Pengunjung Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri. SEAGRI Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis.

Utama. (2005). Persepsi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung ke Kebun Raya Eka Karya Bali. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Dhyana Pura Denpasar. Bali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohamad fajarrudin, Dwi Susilowati, Bambang Siswadi



Supported by: