KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DESA WISATA JAMBU KABUPATEN KEDIRI

Cherlin Octavia Ellsyahrani, Masyuri Machfudz, Titis Surya Maha Rianti

Abstract


Desa Wisata Jambu menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup berpotensi untuk di kembangkan, untuk mendukung hal  tersebut diperlukan konsep dalam menyusun pengembangan wisara agar dapat menarik minat pengunjung sehingga diperlukan data mengenai pengembangan Desa Wisata Jambu untuk disesuaikan dengan karakteritik pengunjung. Penelitian ini tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan karakteristik pengunjung Desa Wisata Jaambu Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sampel internal dengan menggunakan tenik accidental sampling sedangkan pada sampel eksternal menggunakan teknik purposif sampling. karakteristi pengunjung berjenis kelamin perempuan (74%), usia pengunjung lebih dari 40 tahun (36%). Pekerjaan pengunjung wiraswasta (28%) ataupun ibu rumah tangga (28%) Pendapatan pengunjung lebih dari 3.500.000 (40%). pengunjung Desa Wisata Jambu frekuensi kunjungan lebih banyak >1 kali (54%). Pendidikan terakhir pengunjung SMA (69%), domisili pengunjung memiliki nilai (50%) pada pengunjung dari Kediri maupun dari luar Kediri. Pengunjung sebagian besaar mendapatkan informasi dari orang sekitaar dengan nilai presentase sebesar 48% dan dari media sosial memiliki nilai presentase sebesar 28%.

Keyword: Desa Wisata, Karakteristik Pengunjung, Kediri


Full Text:

PDF

References


Halloway. (2004). karakteristik pengunjung.

Morrison. (2002). karakteristik wisatawan. Delmar: New York.

Nurcahyo, K. S. (2015). motivasi dan persepsi pengunjung terhadap obyek wisata desa budaya pampang di Samarinda. jurnal manajemen resort dan leisure.

Suastika. (2017). pengaruh jumlah kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan dan tingkat hunian hotel terhadap pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat pada kabupaten/kota di Provinsi Bali. E-Jurnal EP Unud.

Sugiyono. (2012). metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. alfabeta.

yoriko R, N. R. (2021). Analisis Karakteristik pengunjung objek wisata kebun raya Balikpapam. JSHP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cherlin Octavia Ellsyahrani, Masyuri Machfudz, Titis Surya Maha Rianti



Supported by: