PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH JERUK SIAM MADU (Studi Kasus di Kecematan Dau Kabupaten Malang)

Faniatun Faniatun, Moch. Noerhadi Sudjoni, Masyhuri Machfudz

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap buah jeruk siem madu di kecamatan Dau kabupaten Malang. Selain itu, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap buah jeruk siem madu di kecamatan Dau kabupaten Malang. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli buah jeruk dengan berbagai jenis jeruk di Kecamatan Dau. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 100 responden atau konsumen yang membeli buah jeruk karena tidak diketahui jumlah pasti dari populasi pembeli buah jeruk siem madu maupun jeruk lainnya. Dengan begitu peneliti mengambil sampel 50 x 2 (2 variabel independen) 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif untuk menggidentifikasi preferensi konsumen terhadap pemebelian buah jeruk siam madu dan analisis regresi model logit untuk mengetahui keputusan konsumen terhadap pembelian buah jeruk siam madu. Bedasarkan hasil identifikasi preferensi konsumen terhadap pembelian buah jeruk siam madu dirumuskan menjadi 13 indikator preferensi yaitu: (1) Jenis jeruk siam madu, (2) Alasan pembeli berupa faktor rasa, (3) Kualitas jeruk siam madu yang condong tahan lama menjadi preferensi konsumen dalam membeli, (4) Jumlah terbanyak pembelian jeruk siam madu sebesar 2kg (5) Frekuensi pembelian buah jeruk siam madu yang dilakukan oleh konsumen 1-2kg (6) Standar harga yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli jeruk siam madu condong lebih murah (7) Warna jeruk siam madu yang menjadi preferensi konsumen yakni berwarna orange (cerah/menarik), (8) Harga jeruk siam madu yang menjadi preferensi konsumen sebesar ≥ Rp. 15.000, (9) Asal informasi konsumen yang diperoleh konsumen dalam melakukan pembelian jeruk siam madu yakni dengan datang langsung ke outlet atau pedagang, (10)  Rasa Jeruk Siam Madu yang menjadi preferensi konsumen dalam melakukan pembelian yakni rasa manis, (11) Kecepatan pelayanan yang menjadi preferensi konsumen dalam melakukan pembelian yakni dilayani dengan cepat, (12) Alasan pembelian jeruk di Kecamatan Dau menjadi preferensi konsumen dalam melakukan pembelian buah jeruk siam madu dikarenakan buah jeruknya segar dan alami, (13) Manfaat pembelian jeruk siam madu yang menjadi preferensi konsumen dalam melakukan pembelian yakni pada kesehatan tubuh. Kemudian, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian buah jeruk siem madu terdapat 3 variabel diantaranya variabel produk, kualitas dan pendapatan.

Kata Kunci: Jeruk Siam Madu, Preferensi Konsumen, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., Syahlani, S., & Haryadi, F. (2010). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Atribut Produk Pada Sikap Terhadap Produk dan Niat Pembelian Ulang: Studi Empirik Pengambilan Keputusan pada Kategori Produk Daging Olahan Beku. Buletin Peternakan, 34(2), 131-137.

Alfiati, S., Sukmawati, E., & Setiawan, I. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital dan Pengemasan Produk untuk Mengembangkan Agrowisata Petik Jeruk Desa Air Talas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 4(1), 66-72.

Ariningsih, E. (2008). Pengaruh Faktor-faktor Sosial Ekonomi dalam Mengonsumsi Produk Pertanian. Retrieved Agustus 27, 2023, from http://kalteng.litbang.pertanian.go.id

Arman Hakim, N. (2006). Manajemen Industri. Andi Offset.

Ekadipta, E., & Arthono, A. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Jamu Dalam Kemasan Di Wilayah Jabodetabek.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, A. (2006). Manajemen Industri. Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faniatun Faniatun, Moch. Noerhadi Sudjoni, Moch. Noerhadi Sudjoni, Masyhuri Machfudz, Masyhuri Machfudz



Supported by:

Â