PERSEPSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH LOKAL DI HYPERMART MALANG TOWN SQUARE

Kusuma Alifia Rahmadini, Zainul Arifin, Titis Surya Maharianti

Abstract


     Menurut BPS Kota Malang konsumsi buah lokal cukup tinggi dan selalu meningkat, namun pada survey awal tidak semua buah lokal diminati konsumen. Karena dari rasa, warna,dan bentuk buah yang menjadi perbedaan dari buah lokal tersebut. Sehingga dapat disimpulkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk, harga, tempat, dan promosi buah lokal di Hypermart Malang Town Square, yang kedua untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah Lokal di Hypermart Malang Town Square. Metode yang digunakan adalahaccidental sampling dengan jumlah sampel 75 responden dan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini karakteristik responden perempuan dengan usia 21-25 tahun dengan Pendidikan Sarjana (S1) berpendapatan Rp. 1.000.000-Rp. 3.000.000 dengan pekerjaan sebagai mahasiswa. Pada persepsi produk konsumen setuju membeli buah lokal meliputi kualitas, rasa, bentuk, warna, dan aroma berpengaruh pada keputusan pembelian. Persepsi harga konsumen netral pada ketetapan dan kesesuaian dengan kualitas buah lokal di Hypermart Malang Town Square. Untuk persepsi tempat konsumen setuju rak display, petunjuk rak display dan label text sudah sesuai. Sedangkan persepsi promosi konsumen setuju dalam pembelian buah lokal dipengaruhi oleh katalog produk dan kepuasan diskon yang diberikan kepada konsumen di Hypermart Malang Town Square.

Keyword: Persepsi Konsumen, Buah Lokal, Analisis Deskriptif


Full Text:

PDF

References


Witjaksono Fiastuti, 2013. Konsumsi buah dan buah masyarakat Indonesia. Institud Pertanian Bogor. Melalui Media Publica (http://mediapublica.co/2013/07/01/konsumsi-buahdan-buah-masyarakat-indonesia-masih-renda

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2009. Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2009. Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. Buku 1. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Bogor. 2012. Kota Bogor dalam Angka. BPS Kota Bogor. Bogor.

Widodo. 2005. Sikap Konsumen terhadap Buah Impor di Kota Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 53–60. https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i1.177


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kusuma Alifia Rahmadini, Zainul Arifin, Titis Surya Maharianti



Supported by: