Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Terhadap Kentang, Padi-Padian dan Umbi-Umbian Provinsi Jawa Timur

Sinkha Alyuwanda Rozi Fadlilah, Nikmatul Khoiriyah, Sri Hindarti

Abstract


Sektor pertanian dan pangan memberikan kontribusi 13,70% pada PDB Indonesia tahun 2022. Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan komoditas hortikultura karena letak geografisnya. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan komoditas pangan, tanaman komoditas pangan seperti umbi-umbian dan tanaman padi-padian mempunyai potensi pengembangan yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi pangan rumah tangga dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kentang di Provinsi Jawa Timur. Data yang digunakan merupakan data sekunder, data yang diperoleh dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2022 yang diperuntukan untuk Provinsi Jawa Timur oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola konsumsi di Jawa Timur masih kurang beragam karena hanya beberapa komoditas yang menunjukan angka persentase tinggi. Tingkat konsumsi menunjukan bahwa rata-rata pengeluaran konsumsi per kapita sebulan Jawa Timur berada di atas rata-rata pengeluaran per kapita sebulan Nasional (Indonesia), oleh sebab itu masyarakat Jawa Timur dapat dikatakan sudah sejahtera.

Kata Kunci: Rumah Tangga, Permintaan Kentang

Full Text:

PDF

References


Adiana, P. P. (2020). PENGARUH PENDAPATAN, JUMLAH ANGGOTA KELUARGA,DAN. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana , 41.

Aisyah. (2016). Aktivitas Fisik dan Latihan. Unnes.

Andajani, T. K. (2022). Permintaan dan Penawaran. Universitas Negeri Malang.

D.A.S. Puspita, d. (2023). Pengembangan Varietas Kentang Unggul dengan Kandungan Karbohidrat Tinggi". Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, , 2.

Dama, S. G. (2021). Preferensi konsumen terhadap konsumsi “ragey” di Kota Manado . Zootec , 41(1), 71-80 .

Dewi, R. C. (2021). Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Beras Merah Organik. Agriscience, 2(2), 295-313.

Dwita Puspitasari, S. M. (2021). Pengertian Pola Konsumsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8.

Fourtheria Munidestari, D. B. (2022). ANALISIS POLA KONSUMSI PANGAN PADI-PADIAN DAN UMBI-UMBIAN RUMAH TANGGADI PROVINSI RIAU. Jurnal Agribisnis, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sinkha Alyuwanda Rozi Fadlilah, Nikmatul Khoiriyah, Sri Hindarti



Supported by: