PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP KONSUMSI BUAH JERUK KEPROK BATU 55

Virman Hidayat Febrianto, Masyhuri Machfudz, Lia Rohmatul Maula

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui preferensi masyarakat terhadap jeruk keprok batu 55. Lokasi penelitian di Kota Malang sedangkan komoditas jeruk yang digunakan adalah jeruk yang berasal dari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yakni menggunakan responden yang ditemui secara kebetulan membeli jeruk keprok batu 55. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pendekatan kuantitatif untuk melihat preferensi dengan menggunakan analisis konjoin. Berdasarkan hasil tabulasi bahwa masyarakat konsumen jeruk keprok batu 55 didominasi oleh perempuan usia 21-30 tahun dengan pendidikan terakhir sarjana memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta dengan pendapatan Rp2.000.000 - < Rp3.000.000 dalam satu bulan. Hasil analisis preferensi masyarakat diketahui jeruk keprok batu 55 yang disukai masyarakat adalah jeruk dengan rasa masam segar, warna hijau pekat, ukuran besar (7-8 buah/kg), harga > Rp 12.000/kg dan bentuk bulat tidak sempurna.

 

Kata Kunci: Preferensi, Masyarakat, Jeruk Keprok Batu  55, Analisis Konjoin

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., Syahlani, S., & Haryadi, F. (2010). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Atribut Produk Pada Sikap Terhadap Produk dan Niat Pembelian Ulang: Studi Empirik Pengambilan Keputusan pada Kategori Produk Daging Olahan Beku. Buletin Peternakan , 34(2), 131-137.

Alfiati, S., Sukmawati, E., & Setiawan, I. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital dan Pengemasan Produk untuk Mengembangkan Agrowisata Petik Jeruk Desa Air Talas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ) , 4(1), 66-72.

Ariningsih, E. (2008). Pengaruh Faktor-faktor Sosial Ekonomi dalam Mengonsumsi Produk Pertanian. Retrieved Agustus 27, 2023, from http://kalteng.litbang.pertanian.go.id

Arman Hakim, N. (2006). Manajemen Industri. Andi Offset.

Ekadipta, E., & Arthono, A. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Jamu Dalam Kemasan Di Wilayah Jabodetabek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Virman Hidayat Febrianto, Masyhuri Machfudz, Lia Rohmatul Maula



Supported by: