KARAKTERISTIK KONSUMEN DAN PERSEPSINYA TERHADAP ATRIBUT PRODUK PADA COKELAT KLASIK CAFE, KOTA BATU

Chofifah Putri Indahyani, Bambang Siswadi, Lia Rohmatul Maula

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik konsumen di Cokelat Klasik Cafe, Kota Batu dan (2) preferensi konsumen terhadap atribut produk pada Cokelat Klasik Cafe, Kota Batu. Lokasi penelitian ini yaitu di Cokelat Klasik Cafe yang beralamat di Jl. Panglima Sudirman, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu. Lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja (purposive). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan besarnya sampel ditentukan mengikuti pedoman yang dikemukakan oleh Solimun dan dihasilkan sampel sebanyak 120 responden. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa yang berusia 17-25 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Berdasarkan pendapatan/uang saku perbulan, mayoritas responden memiliki pendapatan Rp. 500.000 – Rp. 1.999.999. kebanyakan konsumen mengetahui produk Cokelat Klasik dari stand/booth yang banyak tersebar terutama di Malang Raya. Sebagian besar responden pernah melakukan kunjungan dan pembelian di Cokelat Klasik Cafe, Kota Batu sebanyak 2 kali. Konsumen memiliki persepsi yang baik dan setuju atas pernyataan pada atribut produk Cokelat Klasik yang meliputi merek, harga, cita rasa, kualitas, kemasan, labeling, inovasi produk, dan desain produk Cokelat Klasik.

 

Kata Kunci: Karakteristik Konsumen, Atribut Produk, Cafe

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, A. 2018. PERILAKU-KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). Penerbit Deepublish.

Herdiano, E. 2005. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Pembelian Suplemen Minuman Penambah Energi Di Kecamatan Kraton Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Mira, N. 2016. Pengaruh Variabel Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smoothies (Studi Pada Konsumen Smoothies Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(1), Article 1.

Pattipeilohy, V. 2018. Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). JURNAL MANEKSI, 7, 66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Chofifah Putri Indahyani, Bambang Siswadi, Lia Rohmatul Maula



Supported by: