PENGEMBANGAN USAHA KOPI EKSELSA WONOSALAM (Studi Kasus di UMKM Sumber Wandhe Dusun Sumber, Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten)
Abstract
Salah satu komoditas perkebunan yang popular adalah komoditas kopi. Terdapat banyak varian kopi dalam dunia perdangangan seperti kopi robusta, kopi arabika, kopi ekselsa dan kopi liberika. Pasar kopi didominasi oleh kopi robusta dan arabika. Sebagai pelaku usaha di bidang kopi perlu beberapa langkah untuk menyusun strategi pengembangan usaha yaitu dengan menganalisis lingkungan internal yang mencakup faktor kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yang meliputi pemanfaatan peluang dan meminimalisir ancaman dari luar. Tujuan dari penelitian ini untuk merumuskan strategi pengembangan yang cocok diterapkan pada usaha kopi ekselsa Wonosalam di UMKM Sumber Wandhe. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu di UMKM Sumber Wandhe. Sampel yang digunakan ditentukan dengan purposive sampling berjumlah 35 responden dari responden internal dan eksternal. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk responden internal dengan informan sebanyak 1 orang pemilik dan 4 orang karyawan. Sampel dari responden eksternal diambil menggunakan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini diambil 30 responden eksternal dari konsumen Sumber Wandhe  yang sudah pernah membeli atau merasakan kopi ekselsa Wonosalam dengan pertimbangan bahwa konsumen tersebut mampu memberikan penilaian atas pertanyaan yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa matriks IE pada posisi Sumber Wandhe berada pada sel IV yang merupakan stabilitas, kemudian pada matriks SPACE menunjukkan bahwa posisi Sumber Wandhe adalah pada kuadran yang mendukung strategi agresif dengan lebih aktif dalam mengembangkan usaha kopi ekselsa Wonosalam untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Penentuan prioritas strategi menggunakan QSPM diperoleh hasil strategi dengan nilai TAS terbesar pada strategi S-T yaitu sering mengadakan event tentang pengenalan kopi ekselsa Wonosalam. Saran untuk peneliti selanjutnya agar mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi terkait dengan strategi pengembangan usaha kopi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan beberapa variabel lain seperti bauran pemasaran atau tingkat kepuasan konsumen yang dapat digunakan sebagai acuan dalam strategi pengembangan usaha. Â
Keyword: Komoditas Kopi, Analisis SWOT, Eksternal dan InternalFull Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Jombang. (2022). Kecamatan Wonosalam Dalam Angka. Jombang. Hal. 130.
Pudji Rahardjo. (2017). Berkebun Kopi. Edisi pertama. Penebar Swadaya. Cibubur, Jakarta Timur.
Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sushanti, P. R. (2017). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus STIE Galileo Batam). Jurnal Elektronik. 1 (1): 30-42.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ridho Alfiyas, Sri Hindarti, Sri Hindarti, Ahmad Dedy Syathori, Ahmad Dedy Syathori
Supported by: