PREFERENSI GENERASI Z DALAM MENGONSUMSI PRODUK MI INSTAN DI KOTA MALANG (STUDI KASUS DI MI GACOAN TLOGOMAS KOTA MALANG)

Aura Ainun Intany, M. Noerhadi Sudjoni, Lia Rohmatul Maula

Abstract


Preferensi dapat diartikan kemampuan konsumen dalam memilih atau menentukan dengan cara mengurutkan tinggi rendahnya suatu daya guna dalam mengonsumsi sekelompok barang yang berbeda-beda. Generasi Z merupakan generasi yang berada di zona yang melek teknologi (tech savvy), karena merupakan generasi yang tumbuh di zaman teknologi yang sedang berkembang pesat, generasi ini menjadi cepat tanggap dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan menganalisis preferensi generasi Z dalam keputusan konsumsi pada Mi Gacoan. Penelitian ini hanya terfokus pada produk “Mi†saja yang berada di salah satu cabang Mi Gacoan yang berlokasi di Jl. Raya Tlogomas No. 115, Tlogomas Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis conjoint disimpulkan bahwa generasi Z prefer mengonsumsi kembali produk Mi Gacoan sebesar 53% dengan alasan bahwa rasa produk Mi Gacoan sesuai selera responden. Preferensi generasi Z dalam mengonsumsi produk Mi Gacoan adalah lebih menyukai produk Mi Gacoan karena kualitas produk yang tampilannya menarik, memiliki rasa dengan berbagai tingkat kepedasan, dengan harga yang sesuai porsi, dan tingkat kepedasan pada level  2-4.

Kata Kunci:  Preferensi, Keputusan Konsumsi


Full Text:

PDF

References


Agusta, P., & Magdalena, M. (2023). Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Masyarakat Bidar Alam Solok Selatan. SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 105–129.

Badan Pusat Statistika. (2022). Badan Pusat Statistika. https://malangkota.bps.go.id/indicator/12/51/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kota-malang.html

Wardana, M. F., Rianti, T. S. M., & Khoiriyah, N. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Mengonsumsi Produk Rempah (Jamu) pasca Pandemi. Media Agribisnis, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i2.2768


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aura Ainun Intany, M. Noerhadi Sudjoni, Lia Rohmatul Maula



Supported by:

Â