ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KOPI SIIPPP (Studi Kasus Kopi Siippp Kota Batu) Departement of Agribusiness, Faculty of agriculture, University of Islam Malang, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1. Menganalisis faktor internal dan eksternal pada perusahaan Kopi Siippp Kota Batu. 2. Merumuskan strategi pemasaran yang dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan produk di Kopi Siippp Kota Batu. Penelitian ini dilaksanakan di Kopi Siippp, Jl. Kartika 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu. Pada bulan April tahun 2023. Jenis data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara melalui kuisioner. Penentuan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling dan didapatkan sebanyak 70 sampel. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, Matriks SPACE, dan analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kopi Siippp memiliki peluang dan kekuatan yang besar, sehingga Kopi Siippp dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan melakukan strategi pengembangan (agresif) agar dapat meningkatkan penjualan produk. Dari hasil analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi dan prioritas strategi alternatif terpilih yang tepat untuk dijadikan masukan oleh Kopi Siippp sebagai alternative strtaegi yang perlu diterapkan dalam meningkatkan penjualannya. Kata Kunci: Kopi, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa indonesia.
Jilid 1 dan 2 Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Fraenkel, Jack R,dan Norman E Wallen. 1993. How To Design And Evaluate
Research In Education. Mishawaka: Mcgraw-Hill College.
David F.R. (2011). Strategic management: new Jersey; pearson education. Inc
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dewi Nurkasih, Moch. Noerhadi Sudjoni, Dwi Susilowati
Supported by: