STRATEGI PEMASARAN JAMBU KRISTAL DI PT. KUSUMA AGROWISATA KOTA BATU GUNA MEMUNCULKAN MARKET LEADER
Abstract
PT. Kusuma Agrowisata merupakan salah satu pioneer wisata agro di Indonesia yang
Kata kunci: SWOT, Jambu Kristal , Agrowisata
memproduksi jambu kristal mengalami kenaikan dalam setiap tahunnya dari segi produktivitas dan
produksi. Tujuan dari Penelitian ini adalah merekomendasikan strategi yang tepat bagi PT Kusuma
Agrowisata dalam pemasaran jambu kristal sehingga memunculkan market leader. Metode yang
digunakan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan responden yang
berjumlah 30 orang dari internal dan eksternal PT. Kusuma Agrowisata. Data merupakan data
primer dengan kuisioner dan wawancara. Data kemudian dianalisis melalui matriks lingkungan
internal (IFAS) dan eksternal (EFAS) serta analisis SWOT. Hasil yang diperoleh menunjukkan
bahwa strategi SO: menitik beratkan promosi komoditi jambu kristal pada kualitas dan kuantitas
serta pola hidup sehat dan menggandeng Dinas Pemerintah daerah khususnya Kota Batu; strategi
WO: kinerja dari sarana transportasi milik sendiri dalam pendistibusian komoditi jambu kristal
untuk memotong dana operasional dan bisa dialokasikan ke kesejahteraan petani, berkerja sama
dengan Dinas Pemerintah daerah khususnya Kota Batu dalam penggalian informasi terkait inovasi,
teknologi dan keadaan pasar dan mengkondisikan transportasi terutama terkait penyimpanan saat
distribusi agar kualitas komoditi jambu kristal tetap terjaga; strategi ST: Menjaga pasokan komoditi
dalam produktivitas tinggi agar selalu ada sehingga memiliki daya saing terkait ketersediaan
dengan produk impor WT: mempromosikan kebanggaan membeli produk buah lokal ke konsumen
karena membantu kesejahteraan petani.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, R. (2020). Uji Aktivitas Antioksidan Pada Buah Jambu Kristal (Psidium Guajava L.)
Menggunakan Metode DPPH (1,1-Diphenyl-2-Picrylhdrazyl). Fakultas Tarbiyah Dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Anggasari, P. (2013). Pengaruh Ethnosentrisme Terhadap Sikap, Preferensi Dan Perilaku
Pembelian Buah Lokal Dan Impor. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 10 No. 2
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Gumbira-Said, E. (2007). Prospek dan Tantangan Agribisnis dalam Pasar Global. Makalah
disampaikan pada Manager Conference Minamas Plantation. Hotel Ritz Carlton, Jakarta. 27
Oktober 2007
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Marpaung, R. (2021). Strategi Pengembangan Jambu Biji ( Psidium Quava L) Desa: Telaga Sari
Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Jurnal Agribizda, Vol
No. 2
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rahmad Taufik Hidayatullah, Nikmatul Khoiriyah
Supported by: