ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ROTI (Studi Kasus Roti Maestro Merjosari Kota Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Merumuskan strategi pemasaran yang dilakukan agar dapat
meningkatkan penjualan produk di Roti Maestro, Merjosari, Kota Malang. Penelitian ini
dilaksanakan di Roti Maestro, Jl. Joyo Tambaksari No.21 A, Merjosari, Kota Malang. Pada
bulan Juli tahun 2022. Jenis data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara
melalui kuisioner. Penentuan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling dan
didaptkan sebanyak 100 sampel. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif,
Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, Matriks SPACE, dan analisa SWOT. Hasil
penelitian menunjukan bahwa Roti Maestro memiliki peluang dan kekuatan yang besar,
sehingga perusahaan Roti Maestro dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan
melakukan strategi pengembangan (agresif) agar dapat meningkatkan penjualan produk.
Dari hasil analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi dan prioritas strategi
alternatif terpilih yang tepat untuk dijadikan masukan oleh perusahaan Roti Maestro
sebagai alternative strtaegi yang perlu diterapkan dalam meningkatkan penjualannya.
Kata Kunci: Roti, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
meningkatkan penjualan produk di Roti Maestro, Merjosari, Kota Malang. Penelitian ini
dilaksanakan di Roti Maestro, Jl. Joyo Tambaksari No.21 A, Merjosari, Kota Malang. Pada
bulan Juli tahun 2022. Jenis data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara
melalui kuisioner. Penentuan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling dan
didaptkan sebanyak 100 sampel. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif,
Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks IE, Matriks SPACE, dan analisa SWOT. Hasil
penelitian menunjukan bahwa Roti Maestro memiliki peluang dan kekuatan yang besar,
sehingga perusahaan Roti Maestro dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan
melakukan strategi pengembangan (agresif) agar dapat meningkatkan penjualan produk.
Dari hasil analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi dan prioritas strategi
alternatif terpilih yang tepat untuk dijadikan masukan oleh perusahaan Roti Maestro
sebagai alternative strtaegi yang perlu diterapkan dalam meningkatkan penjualannya.
Kata Kunci: Roti, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Full Text:
PDFReferences
David, Fred R. (2011). Strategic Management: concepts and cases. 13th edition.
NJ: Prentice Hall.
David, F. R., (2004), Manajemen Strategis, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit
Gramedia, Jakarta.
Agustini, F (2011). Analisis Strategi Pemasaran Produk Agribisnis Beras Organik Pada
Paguyuban Al Barokah Desa Ketapang,
Sugiyono, Prof. Dr. 2003. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R%D.
Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Fatimatus Zahro, Moch. Noerhadi Sudjoni, Lia Rohmatul Maula
Supported by: