STRATEGI PEMASARAN DALAM PENJUALAN PUPUK DAN PESTISIDA PADA TOKO PERTANIAN CV. REJEKI PODO MORO BOJONEGORO

M. Jazilul Ihtirom, Dwi Susilowati, Bambang Siswadi

Abstract


Abstrak
Perkembangan dunia usaha pertanian semakin hari semakin banyak masyarakat yang berminat
untuk membuka usaha obat - obatan pertanian, dengan keadaan ini menyebabkan persaingan
bisnis antar perusahaan. Di dalam perusahaan, peranan strategi pemasaran sangat penting
dikarenakan mampu meningkatkan profit perekonomian perusahaan serta sebagai penghubung
antara distributor dan konsumen. Perusahaan harus mengetahui karakter, konsumen dan
keinginannya, sedangkan konsumen sendiri bisa mengetahui kualitas dan manfaat barang yang
mau dibeli sehingga konsumen lebih yakin dan minat untuk membeli produk yang ada di
perusahaan.Tujuan penelitian dari adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan
oleh pihak perusahaan dalam upaya meningkatkan penjualan dan untuk mengetahui kendala yang
dihadapi perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Metode pengumpulan data
menggunakan data primer dan sekunder, analisa data menggunakan analis matriks IFAS, matriks
EFAS dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan untuk
meningkatkan penjualan dengan melakukan media promosi dengan efektif, Membangun loyalitas
pelanggan perusahaan, Memperhatikan kualitas produk yang unggul, dan Memperluas jangkauan
pemasaran perusahaan. Berdasarkan kendala yang dihadapi perusahaan adalah Belum bisa
menjual produk lebih luas kepada konsumen, Keterlambatan produsen dalam pengiriman produk
distributor, Pendapatan perusahaan menurun dimasa pascapanen, dan Kenaikan harga produk
dari produsen
Kata Kunci : Toko Pertanian, SWOT, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


David, F. R. (2006). Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat,

Jakarta.

David, F. R. (2012). Manajemen Strategis Konsep. Edisi ke-12. Terjemahan Ichsan,

Setyo Budi, Salemba Empat. Jakarta.

Sanjaya RS. (2017). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omset Penjualan untuk

Usaha Aqiqah pada Laz Nurul Hayat Medan. Universitas Islam Negeri Sumatra

Utara.

Gugup, kismono. (2001). Bisnis Pengantar. Yogyakarta. BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Jazilul Ihtirom, Dwi Susilowati, Bambang Siswadi



Supported by:

Â