ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SAYURAN HIDROPONIK DI HARVEST QUEEN HYDROPONICS, KOTA BATU

Berlianti Mustika Pratiwi, Dwi Susilowati, Sri Hindarti

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen sayuran hidroponik. Penelitian ini dilaksanakan di Harvest Queen Hydroponics, Kota Batu pada bulan Februari sampai bulan Maret 2022. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 70 responden. Pendekatan penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi model logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen sebagian besar perempuan, memiliki usia 20-29 tahun, berpendidikan terakhir perguruan tinggi, bekerja sebagai pegawai negeri, memiliki pendapatan berkisar Rp 2.500.000 – Rp 3.000.000 dan memiliki jumlah anggota keluarga sebanyak 3-5 orang. Kemudian berdasarkan hasil analisis, variabel produk, lokasi, promosi berpengaruh secara signifikan sedangkan variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen sayuran hidroponik di Harvest Queen Hydroponics.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Bauran Pemasaran, Sayuran Hidroponik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andreanata, I. M. A., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas

Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada UD. Sari Jaya Buah Kabupaten Badung.

Widya Amrita, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1143

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan

pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan

Organisasi, 17(2), 114–126. https://doi.org/10.20476/jbb.v17i2.632

Desrianto, & Afridola, S. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan

Konsumen Pada Coffee Town Bakery Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset

Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 2020–2033.

https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28054


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Berlianti Mustika Pratiwi, Dwi Susilowati, Sri Hindarti



Supported by: