ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK BATU CHOCOLATE (Studi Kasus: UMKM Mandiri Sukses, Desa Tlekung Kec. Junrejo Kota Batu)

Nency Priskila Oktaviani, Zainul Arifin, M. Noerhadi Sudjoni

Abstract


Abstrak
Usaha Mandiri Sukses merupakan salah satu industri rumah tangga di Desa Tlekung,
Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang memproduksi berbagai olahan camilan oleh-oleh dari cokelat.
Persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk selalu mengevaluasi strategi pemasaran yang
diterapkan. Penerapan penggunaan analisis SWOT yang efektif memegang peranan penting dalam
menghasilkan strategi alternatif kompetitif untuk menjaga kontinuitas dan keberlangsungan hidup
organisasi atau perusahaan. Tujuan penelitian: (1) Mengidentifikasi respon konsumen terhadap
produk Batu Chocolate yang beredar di pasaran, (2) Merumuskan strategi pemasaran produk Batu
Chocolate yang tepat diterapkan pada perusahaan. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2022.
Penentuan sampel dilakukan secara accidental sampling dan didapatkan sebanyak 38 sampel. Data
penelitian menggunakan data primer melalui kuesioner dengan konsumen mengenai bauran
pemasaran produk dan wawancara dengan pemilik. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif
dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen merespon positif terhadap produk Batu
Chocolate. Berdasarkan hasil pembobotan matriks SWOT didapat nilai 𑥠= 0,34 dan 𑦠= 0,1. Nilai
tersebut menandakan bahwa kuadran bauran pemasaran berada pada kuadran I dengan nilai positif,
posisi ini menjelaskan perusahaan berada pada kondisi kuat dan berpeluang.
Kata Kunci: Cokelat, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminah, Yudi Rafani, H. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Ketepatan Waktu Pengiriman Barang

Dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Progresif

Manajemen Bisnis (Jipmb), 17(2), 49–61.https://e-jurnal.stieibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/230/pdf

Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi (Duabelas). Salemba Empat.

Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar

Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nency Priskila Oktaviani, Zainul Arifin, M. Noerhadi Sudjoni



Supported by:

Â