ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR HIDROPONIK (STUDI KASUS POJOK HIDROPONIK KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG)

M. Sholahuddin Fawwaz, Noerhadi Sudjoni, Dwi Susilowati

Abstract


Abstrak
System pertanian hidrodponik yaitu berasal dari Bahasa yunani, yaitu hydro yang berarti air dan ponics yang berarti bekerja tenaga atau daya. Konsep back to nature secara tidak langsung juga memengaruhi pola konsumsi masyarakat Indonesia dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran. Factor yang mempegaruhi keputusan pembelian sayur hidroponik haruslah di perhatikan oleh para pelaku usaha sayur hidroponik, karena dengan melihat beberapa factor yang mempengaruhi pembelian produsen dapat menjaarin konsumen sebanyak mungkin dan dapat menguasai pasar yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakteristik konsumen sayur hidroponik di Pojok Hidroponik Kec. Ngunut Kab. Tulungagung 2) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli sayur hidroponik di Pojok Hidroponik, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Untuk mengetahui faktor pemebelian sayur hidroponik yang tepat. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis Model Regresi Logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis Model Regresi Logit ada 4 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu harga dengan nilai signifikansi 0,055, kualitas dengan nilai signifikansi 0,10, pendapatan dengan nilai signifikansi 0,42, selera dengan nilai sinifikansi 0,56 dan dua
variable yang tidak berpengaruh yaitu gaya hidup dengan nilai signifikansi 0,140 dan pendidikan dengan nilai signifikansi 0,442
Kata Kunci : Sayuran Hidroponik, Logit, Signifikansi.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

aodah, D. S., & Malia, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). AGROSCIENCE (AGSCI), 7(1), 178–193.

Afrani, S. U. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Sawi Pakcoy hidroponik (Brassica rapa). Skripsi.

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Prenada Media. Jakarta.

Lingga, pinus, 1984, hidroponik: Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Niaga Swadaya. Jakarta. Istiqomah, Siti, 2007, Menanam Hidroponik, Ganeca Exact

Muhammad Iqbal, 2016, Simpel Hiddroponik, Andi. Yogyakarta.

Saladin, 2003, Inti Sari Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran. Linda Karya. Bandung.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Ketujuh. Cetakan keempat. PT. Indeks. Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitati, Kuantitatif, Dan Rnd. Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Sholahuddin Fawwaz, Noerhadi Sudjoni, Dwi Susilowati



Supported by: