EFISIENSI TATANIAGA SALAK PONDOH (SALAOCA EDULIS) DESA PURWOHARJO KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN MALANG

Ade Sukma Panemuan, M Nurhadi Sudjoni, Nikmatul Khoiriyah

Abstract


Abstrak
Penelitian tentang analisi efesiensi tataniaga salak pondoh (salaoca edulis) Desa Purwoharjo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Telah selesai dilaksanakan pada bulan Januari 2020 sampai Juli 2021. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah, Untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan saluran tataniaga salak.Untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan aktifitas dan kegiatan pemasaran. Untuk menganalisis besar margin, Distribusi margin, Share, dan efesiensi pemasaran yang terbentuk pada setiap tataniaga salak salak pondoh di desa Purwoharjo Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan Survey dengan terjun langsung ke lapangan dengan melakukan wawancara kepada petani langsung Sample diambil dengan survey langsung dimana jumlah populasi yang diambil 36 responden dari 200 populasi, data yang di ambil merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah menggunakan
metode analisis deskriptif untuk mengidentifikasi gambaran mengenai fungsi-fungsi saluran pemasaran. Sedangkan untuk mengetahui biaya dan marjin pemasaran ditingkat lembaga pemasaran dalam saluran pemasaran digunakan alat analisis biaya merjin dan keuntungan tiap lembaga pemasaran. Analisis data yang digunakan dalam menjawab tujuan penelitian adalah tujuan pertama yaitu dengan menggunakan analisis deskiptif untuk menguraikan hasil pengamatan dilapangan dalama bentuk kalimat tentang saluran pemasaran dan aktivitas pemasaran Untuk menjawab tujuan kedua yaitu mengetahui besar marjin pemasaran, farmer share, dan efisensi saluran pemasaran.
Kata kunci: Buah salak, Saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian hasil yang diterima petani.


Full Text:

PDF

References


Abdus Syukur (2018) Efesiensi Pemasaran, Wortel, Desa Tulungrejo.

Ashari, Semeru. 1995. Hortikultura, Aspek Budidaya. Penerbit UI. Jakarta

Asmarantaka, R. W. (2012). Pemasaran agribisnis (agrimarketing). Departemen Agribisnis, FEM-IPB.

Asmarantaka, R. W., & Oktaviani, R. (2009). Gejolak Harga Komoditas Pangan Internasional: Dampak dan Implikasi Kebijakan Bagi Ketahanan Pangan Indonesia. Jurnal Agribisnis Dan Ekonomi Pertanian, 3(1).

Azhara, S. (2019). Analisis Integrasi Pasar Bawang Merah (Allium cepa L.) Antara Pasar Induk Tuntungan dengan Level Pasar Pengecer (Studi Kasus: Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan).

Azzaino, Z. (1982). Pengantar tataniaga pertanian. Departemen Pertanian Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, IPB. Bogor.

Cahyo, A. D. (2016). ANALISIS TATANIAGA SALAK PONDOH (Salacca edulis Reinw) DI DESA SIGEBLOG, KECAMATAN BANJARMANGU, KABUPATEN BANJARNEGARA. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis saluran pemasaran biji kopi robusta (suatu kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 3(2), 162–173.

Dewi, A. (2014). Analisis tataniaga salak pondoh di desa Wonokerto, kecamatan Turi, kabupaten Sleman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ade Sukma Panemuan, M Nurhadi Sudjoni, Nikmatul Khoiriyah



Supported by:

Â