Abstract
ABSTRAK Pangsa pasar anggrek baik di dalam negeri maupun mancanegara semakin terbuka. Trend peningkatan permintaan anggrek untuk segmen pasar tradisional maupun premium mendorong para pelaku bisnis antusias terjun di bisnis estetik ini. Keunikan pada komoditas bunga anggrek memiliki bentuk yang sangat indah dan menawan. Sehingga, banyak orang yang akhirnya mencoba untuk membudidayakan dengan cara menanamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktorfaktor sosial ekonomi dalam pembelian anggrek. Penelitian ini dilakukan di DD Orchid Nursery Desa Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. Pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling sebanyak 100 responden. Data penelitian menggunakan data primer. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif regresi model logit. Hasil penelitian diperoleh : 1) Harga, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, dan Prestise tidak dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam membeli anggrek di DD Orchid Nursery. 2) Kualitas Produk dan Pendapatan Kosumen perbulan dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam membeli anggrek di DD Orchid Nursery. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu untuk produsen tetap mempertahankan kualitas anggrek yang sesuai dengan persepsi konsumen yaitu bagus/baik đibandingkan dengan anggrek ditempat lainnya. Kata Kunci : Keputusan Konsumen, Anggrek, Model Logit
References
DATAR PUSTAKA
Assael, Henry, (2001), Consumer behaviour and Marketing Action, 6 th ed.,Thompson, NY. USA.
Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Direktorat Jenderal Hortikultura. 2019. Kementerian Pertanian Dorong Ekspor Anggrek, Jakarta.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset : Yogyakarta.
Gujarati, Damodar. 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Erlangga : Jakarta.
Jauzi, Ibnu Abdul Caesar. 2017. Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Alat
Musik Perspektif Ekonomi Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung :
Lampung Selatan
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.: Bandung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta : Bandung.
Copyright (c) 2021 Rizki Zulkarnain, Masyhuri Machfudz, Nikmatul Khoiriyah