Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Jagung UD. Sahabat Tani di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri

Indah Rahmaniyah Ilahi, Sri Hindarti, Nikmatul Khoiriyah

Abstract


Abstrak Pangan yang terdiri dari beras, jagung, daging sapi, bawang merah, gula pasir dan cabe merupakan komoditas yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai komoditas strategis Indonesia, namun jagung saat ini menjadi pangan bahan baku industr dan pakan ternak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesesuaian tingkat kinerja terhadap tingkat kepentingan atribut dan tingkat kepuasan konsumen terhadap 2 atribut. Penelitian dilakukan di UD. Sahabat Tani yang terletak di Desa Susuhbango Kec. Ringinrejo Kab. Kediri. Penelitian dilaksanakan mulai dari Maret sampai Desember 2020. Data penelitian yang digunakan adalah data primer, yang didapat secara langsung dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner kepada 50 konsumen, menggunakan metode accidental sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Importance Peformance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil yang didapat adalah tingkat kesesuaian tingkat kinerja atribut terhadap tingkat kepentingan atribut menghasilkan skor 90,58%, hasil dari range presentase berada diantara 80 – 100% maka tingkat kesesuaian antara kinerja atribut dan kepentingan atribut sudah sesuai, tetapi karena hasil masih kurang dari 100% maka masih perlu ditingkatkan kembali kinerja agar sesuai dengan harapan konsumen, hasil analisis Important Performance Analysis (IPA) dengan diagram kartesius menunjukkan bahwa belum semua atribut produk memberikan kepuasan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Berdasarkan analisis Costumer Satisfaction Index menunjukkan bahwa kepuasan konsumen pada UD. Sahabat Tani sebesar 87,77%, nilai ini terdapat pada rentang 81% hingga 100% yang artinya konsumen di UD. Sahabat Tani sangat puas dengan kinerja dari perusahaan tersebut. Kata Kunci : Jagung, IPA, CSI, Kepuasan, Kepentingan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Indriwinangsih. dan Sudaryanto. 2007. Pengukuran Kualitas Pelayanan Kartu Pra

Bayar Pro XL di Wilayah Depok. Jurnal Manajemen dan Pemasaran 1(7): 1 -

Amang, B. 1995. Kebijakan Pangan Nasional Cetakan I. Jakarta: PT. Dharma Karsa

Utama

Badan Pusat Statistik. 2019. Produksi dan Kualitas Jagung Indonesia Tidak Kalah

Saing dengan Impor.

https://pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=3934[Diakses tanggal

Mei 2020].

Kotler, Philip and Kevin L. K. 2016. Marketing Management. 15th Edition. New

Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi, Rambat dan Ridho B. I., 2015. Model Importance Performance Analysis.

Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen dan Minor. 2012. Perilaku Konsumen Jilid 1. Edisi. Kelima (terjemahan).

Erlangga. Jakarta.

Simamora. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama

Jakarta.

Supranto J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Bineka Cipta. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indah Rahmaniyah Ilahi, Sri Hindarti, Nikmatul Khoiriyah



Supported by: