ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COKELAT

Dwi Ismi Azizah, Bambang Siswadi, Lia Rohmatul Maula

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh atribut produk yang meliputi merek, harga, kualitas dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian coklat “Vicco”. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan dengan metode sengaja (purposive), karena peneliti bertujuan untuk melakukan penelitian terhadap produk coklat PUSLITKOKA yang berlokasi di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods, yang menguji pengaruh variabel bebas yang meliputi : merek (X1), Harga (X2), Kualitas (X3) dan Kemasan (X4) terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian coklat Vicco. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan penentuan menggunakan metode lemeshow. Pengambilan sampel dilakukan dengan penyebaran kuisioner online kepada konsumen coklat Vicco, kemudian data yang diperoleh diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya untuk melihat pengaruh variabel menggunakan analisis regresi linier berganda.

 

Kata Kunci : Keputusan, Atribut Produk, Cokelat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bagus Sudrajad, A., & Retno Andriani, D. (2015). The Influence Of Product Attributes Againts Consumer Decission In The Purchase Of Floss Oyster Mushroom Product Ailanifood Company In Malang East Java. 26(2), 71–79.

Basu Swastha Dharmmesta, T. H. H. (2008). Manajemen Pemasaran (Pertama). BPFE.

BPS. (2017). Statistik Kakao Indonesia (S. D. S. T. Perkebunan (ed.)). Badan Pusat Statistik.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Qiara Media.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, I. A. B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu (Studi Kasus Pada Konsumen Kec. Tembalang Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 107–115.

Klimchuk, M., & Sandra A, K. (2006). Desain Kemasan. Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2001). prinsip - prinsip pemasaran (8th ed.). Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Ismi Azizah, Bambang Siswadi, Lia Rohmatul Maula



Supported by: