FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI BAWANG MERAH DI DESA TORONGREJO KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Rahmat Alimin, Dwi Susilowati, M. Noerhadi Sudjoni

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usahatani bawang merah, biaya produksi, pendapatan dan faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan usahatani bawang merah di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. Teknik pengambilan sampel responden dilakukan secara sample acak sederhana. Petani responden yang digunakan sebanyak 40 responden dalam penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis R/C ratio, analisis regresi linier berganda, teori pendapatan Cobb Douglass, analisis uji F, analisis uji T dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data untuk total biaya rata-rata Rp 50.122.480/Ha/MT. Untuk total penerimaan rata-rata Rp 108.983.333/Ha/MT. Pendapatan rata-rata sebesar Rp 58.860.854/Ha/MT. Berdasarkan analisis data menggunakan R/C rasio diketahui nilai R/C ratio adalah 2,2. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (R2) adalah 68,4% .hasil analisis dari faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh terhadap usahatani bawang merah adalah pendidikan, bibit, dan luas lahan.

Kata Kunci : produksi, penerimaan, pendapatan, bawang merah

Full Text:

PDF Hal 26-37

References


DAFTAR PUSTAKA

BPS Badan Pusat Statistik Kota Batu, 2018. Luas Panen dan Jumlah Produksi Sayuran Kota Batu. (ID) : Badan Pusat Statistik Kota Batu Jawa Timur.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb Douglas. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 250 hal.

Nurhapsa. 2015. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatni Bawang Merah di Kecamatan Anggareja Kabupaten Enrekang. Skripsi Universitas Muhammadiya Parepare.

Riyanti, L. 2011. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Bawang Merah Varietas Bima di Kabupaten Brebes. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Daniel, Ir. Moehar, M.S. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rahmat Alimin, Dwi Susilowati, M. Noerhadi Sudjoni



Supported by: