BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP RESPON KONSUMEN JAMUR TIRAM

Dian Mayasari, Moch Noerhadi Sudjoni, Nikmatul Khoiriyah

Abstract


Abstrak

Jamur Tiram merupakan komoditi pertanian yang mudah untuk di budidayakan dan memiliki peluang usaha yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan faktor social ekonomi terhadap respon konsumen jamur tiram. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling sebanyak 85 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan structural equation modeling. Harga berpengaruh positif dan signifikan sedangkan produk, promosi dan lokasi tidak berpengaruh terhadap respon konsumen jamur tiram. Croos Loading seluruh indikator di varibel memenuhi validitas dengan seluruh nilai > 0,05. Seluruh nilai Cronbach’s Alpha dan Composite Reliability > 0,7 sehingga varibel laten dikatakan reliabel. Faktor social ekonomi pekerjaan dan harga berpengaruh signifikan sedangkan jenis kelamin, umur dan pendapatan tidak berpengaruh terhadap respon konsumen jamur tiram.

 

Kata kunci: Jamur Tiram, Bauran Pemasaran, Faktor Sosial Ekonomi.

Full Text:

PDF Hal 10-25

References


DAFTAR PUSTAKA

Anugrah, Gilang. 2020. Analisis Faktor yang mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Kentang Goreng. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumater Utara.

Alief Rajasa, Mario. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Jamur Tiram. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Andika Pratama, Rendi, dan Minto Waluyo. 2020. Analisis Pengaruh Marketing 7P Terhadap Keputusan Pembelian. Surabaya.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Assauri, S. 2016. Manajemen Operasi Produksi. Jakarta.

Agustin, Intan, Rendra Wirawan dan Sukina Irdiana. 2019. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Lumajang.

Aini, Husnul. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Jamur Tiram. Mataram.

Basu, Swasta. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta. Andi Offset.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Gakaira, Yansahrita. 2020. Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Produk Kripik Singkong. Oku Timur.

Hermawan, Haris. 2015. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jember : Universitas Negeri Jember.

J. Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Japlani, Ardiansyah, dkk. 2019. Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Analisis SEM. Lampung.

Kolter, Amstrong. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kolter, K. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Mayasari, Moch Noerhadi Sudjoni, Nikmatul Khoiriyah



Supported by: