PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI AFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP AN NUR AL-MUNTAHY

Kinanatul Fahriyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan kemampuan menulis dalam pembelajaran teks fabel untuk siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy, dan mampu memperoleh penggunaan strategi afektif deskriptif yang obyektif, seperti serta mampu memperoleh deskriptif objektif tentang kemampuan membaca dan menulis siswa. Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan jawaban yang pasti dari kemungkinan adaiatau tidaknyadpengaruhaantara penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto menggunakan analisis data uji One Way Annova untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran teks fabel siswa kelas VII An Nur Al-Muntahy Senior hight Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada pengaruh penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. siswa. Karena hasil penelitian menunjukkan nilai menggunakan strategi afektif memperoleh jumlah (sum2378), dengan skor rata-rata 82, dan skor tertinggi 97 sedangkan skor terendah adalah 70. Selanjutnya, pada tahap pemberian kemampuan membaca untuk sampel atau siswa yang dilakukan melalui memberikan tes tertulis pemahaman membaca, menunjukkan nilai kemampuan membaca dengan angka (≤2531), dengan nilai rata-rata 74 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 85 sedangkan nilai paling ringan mencapai 56. Kemudian dalam tahap pengujian kemampuan menulis dilakukan dengan memberikan tes tertulis dalam bentuk tugas menyusun cerita fabel, menunjukkan nilai kemampuan menulis (∑2255) dengan nilai rata-rata 78 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 95 sedangkan yang paling ringan nilai yang dicapai 60. Selanjutnya, data tentang hasil penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis dilakukan oleh tes One Way Annova dengan menganalisis menggunakan SPSS.20 dilakukan dua kali pada masing-masing kemampuan kemampuan membaca dan menulis. Dari hasil analisis statistik menggunakan uji OneWay Annova dapat dilihat bahwa nilai sig dalam tabel uji OneWay Annova menggunakan strategi afektif pada kemampuan membaca adalah 0,005 <0,05, sedangkan nilai sig pada tabel uji OneWay Annova menggunakan strategi afektif pada kemampuan menulis yaitu 0,005 <0,05. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran teks fabel.Setelah itu untuk mengetahui seberapa besar perbedaan rata-rata pengaruh penggunaan strategi afektif terhadap kedua kemampuan tersebut, perlu dilanjutkan dengan Tes Post-Hoc dengan menggunakan Tukey dan Bonferroni.Jika dilihat dari nilai Sig pada masing-masing analisis data di atas yaitu pada kemampuan membaca 0.000<0.05 dan pada kemampuan menulis 0.005<0.05emaka dapat ditarikhkesimpulan bahwa penggunaan strategi afektif lebih tinggi pengaruhnya terhadap kemampuan membaca khususnya pada pembelajaran teks fabel bagi  peserta didik di kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. Kata kunci: Strategi Afektif, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis, Teks Fabel

References


DAFTAR RUJUKAN

Alifa, Nur, Fitirani. 2019. Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga. (Jurnal Tadrib, Vol. V, No. 1, Juni 2019)

Agustina, Putri. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Afektif Siswa Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Modul Hasil Penelitian Pada Sub Pokok Bahasan Zygomycotina Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Surakarta. Universitas Sebelas Maret

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Harsiati, Titik. Trianto, Agus. Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Pusat Kemendikbud.

Fazlia, Sarah. 2014. Pengembangan kemampuan afektif mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar lembar kerja mahasiswa (LKM) dalam pembelajaran IPA di Universitas Al-muslimin. (jurnal JUPENDAS Vol. 1 No. 2 ISNN 2355-5630)

Novitasari, Istikana. 2019. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Strategi Afektif terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel pada Kelas VII SMP PGRI 01 Wagir Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pasca Sarjana Universitas Islam Malang.

Puspitasari, Liya. 2013. Hubungan antara Strategi Afektif dengan Kemahiran BerbahasaIndonesia Siswa Kelas VII SMPN 02 Pujon Kab. Malang Tahun Ajaran 2012-2013. Universitas Islam Malang (Jurnal Penelitian ISSN 2337-6384 JP3, Volume 1, No. 1, Pebruari 2013 51 Pebruari)

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Tarigan. 2015. Membaca sebagai sesuatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 2018. Menulis sebagai sesuatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Werdiningsih, Dyah. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Anak. Jakarta: Nirmana Media.

Werdiningsih, Dyah. 2013. Profil Strategi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Malang: UNISMA. Jurnal penelitian bahasa dan sastra Indonesia vol 10 no 6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.