ANALISIS KESESUAIAN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PINTU RIME GAYO BENER MERIAH

Al Insan, Akhmad Tabrani, Luluk Sri Agus Prasetyoningsih

Abstract


Abstrak: Bahasa dapat diartikan sebagai media komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Jika tidak ada bahasa, maka manusia tidak dapat mengutarakan keinginannya. Begitu pula di dalam pembelajaran di sekolah membutuhkan bahasa sebagai media komunikasi. Begitu pula di dalam buku pelajaran yang digunakan oleh peserta didik, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga buku pelajaran yang digunakan harus sesuai dengan standar perbukuan (Pusbuk).

Tujuan analisis ini untuk mendeskripsikan: (1) Kesesuaian isi atau materi buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo, (2) Kesesuaian penyajian buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime, (3) Kesesuaian bahasa yang ada di buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo, dan (4) Kesesuaian kegrafikan buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo.

            Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif yang bersifat uraian-uraian fakta yang sistematis dan akurat. Penelitian ini disebut sebagai (Library Research) atau penelitian kepustakaan di mana dilakukan pengumpul data-data dari jurnal, buku, artikel dan karya ilmiah lainnya. Penelitian ini mengambil data dari buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP/ MTs kelas VIII karya M. Wahyudianto. Buku ini digunakan oleh salah satu sekolah di daerah Aceh, yaitu SMPN 2 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah.

Hasil dari analisis kesesuaian buku pelajaran ini berdasarkan standar dari Pusat Perbukuan adalah sesuai jika digunakan pada jenjang SMP dengan kurikulum 2013. Kesuaian ini dari segi: (1) Isi atau materi, yang meliputi: kesesuaian kompetensi inti dan kompetensi dasar, perkembangan siswa, kebutuhan bahan ajar, wawasan dan nilai moral dengan presentase kesesuaian mencapai 94,8%; (2) Penyajian Buku Pelajaran, yang meliputi: Kejelasan tujuan indikator, motivasi/ daya tarik, interaksi siswa, informasi buku pelajaran dan urutan sajian dengan presentase kesesuaian seluruhnya mencapai 91,6%, (3) Bahasa, yang meliputi: keterbacaan, kejelasan informasi, kaidah Bahasa Indonesia dan bahasa yang efektif dan efisien dengan presentase keseluruhan mencapai 100%, dan (4) Kegrafikan, yang meliputi aspek penggunaan jenis dan ukuran huruf, kesesuaia tata letak (Lay Out), kesesuaian ilustrasi, gambar dan foto serta kesesuaian desain tampilan dengan presentase keseluruhan kesesuaian mencapai 86,25%.

Simpulan hasil penelitian berikut dapat dikemukakan bahwa berdasarkan analisis kesesuaian penggunaan buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VIII semester I karya M. Wahyudianto ini telah memenuhi kriteria kesesuaian berdasarkan standar perbukuan untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMPN 2 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah.

 

Kata kunci: Analisis, Buku Bahasa Indonesia, Kesesuaian

References


DAFTAR RUJUKAN

Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharimi. 2006. Prosedur Suatu Penelitian Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Panduan Pengembangan Indikator. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud.z 2018. Peraturan Menteri Pendidikanydan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD pada Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Kusdaryani cdan Trimo.x. 2009. Landasan Kependidikan.x Semarang: IKIP PGRI.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing ; Dasar- Dasar Pemahaman dan Penulisan Buku Text. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Pohan, Rusdi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Rijal Institut.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliani. 2011. Media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (Bahan Ajar). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suparman, Atwi. 1997. Model-Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Syafitri, Lely. 2017. Analisis perbandingan kelayakan isi buku ajar PAI SMP Kelas IX Terbitan Nurul Fikri dan YPI Al-Azhar dalam Persepktif Kurikulum 2013. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Syarofah, Binti. 2012. Perbandingan Tingkat Keterbacaan BSE dan Non-BSE Bahasa Indonesia Untuk Kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijayani, Novan Ardy. 2014. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yulaelawati,EElla. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teorigdan Aplikasi. Pakar RayapPustaka.

Yulianti,x Uki Hares. 2011. Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks BSE Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII Karya Ratna Susanti, Atikah Anindyarini- Sri Ningsih dan Maryati- Sutopo: Kajian Isi, PenyajianddanbBahasa. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.