EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMADUAN STRATEGI AFEKSI DAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI
Abstract
Abstrak: bertujuan untuk membuktikan: (1) Mendeskripsikan pengaruh strategi afeksi pada pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Pagentan., (2) Mendiskripsikan pengaruh penerapan model experiential learning pada kegiatan pembelajaran ketrampilan menulis teks narasi  pada siswa kelas V SDN 1 Pagentan., (3) Untuk menguji efektivitas penerapan pemaduan strategi afeksi dengan model experiential learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Contol Group Pretest-Posttest. Siswa Kelas V SDN 1 Pagentan digunakan sebagai populasi. Teknik  pengambilan sampel melalui   Sampling Purposive. Sampel penelitian adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan  teknik kusioner  dan metode tes selanjutnya hasilnya dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) Strategi afeksi dalam pembelajaran menulis teks narasi membantu siswa dalam mengontrol emosi dan sikap terhadap kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh rata-rata 83,5, (2) Pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan  model pembelajaran experiential learning  di kelas ekspriment pada hasil uji t pretest dan posttes terdapat kenaikan rata-rata 13.8 poin, (3) ) penerapan pemaduan strategi afeksi dan model experiential learning efisien untuk digunakan dalam pembelajaran teks narasi  dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel.
Â
Kata Kunci: Strategi Afeksi, Model Experiential Learning, Menulis teks Narasi,
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR RUJUKAN
Al- Masjid Akbar, Penerapan Strategi Pembelaran Afektif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Fitriani Nur Alifah, Jurnal Tadrib UIN Sunan Kalijaga, Vol V, No,1, Juni 2019).
Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta, Renika Cipta.
Dalman. 2015. Menulis karya ilmiah. Depok, Rajagrafindo Persada
Asih, 2015, Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Bandung, CV Pussstaka Setia
Henry, Guntur, Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta, Gramedia.
Kolb, D.A. 1984. Experiential Learning Experience as a Sources Learning and Development. New Jersey, Prentice Hall.
Moon, A. Jennifer. 2004. A Handbook of Reflective and Experiential Learning, Theory and Practice. London: Routledgefalmer.
Nurgiyantoro Burhan. 2010, Penilaian PEmbelajaran Berbasis Kompetensi, Yogyakarta, BPFE-Yogyakarta.
Rani Abdul dan Martutik, 2012 Menulis Dasar Berbasis Tugas, Malang Surya Penz Gemilang.
Rusyana, Yus. 1986. Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Siregar, Eveline, Dra., M.Pd. dan Nara, Hartini M.Si. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Solchan, dkk, 2008, Pendidikan Bahasa Indonesia di SD, Jakarta, Universitas Terbuka
Sofia, Ira. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi melalui Model Experiental Learning. Skripsi S1. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana. 2005. Teknik-teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sukino, 2010, Menulis itu Mudah, Yogyakarta, Pustaka Populer
Suparno dan M. Yunus. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Universitas Islam Malang. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah; Skripsi, Artikel,dan Makalah, Malang: Universitas Islam Malang.
Wahyuni, Sri dan Syukur Ibrahim, Abd. 2014. Assesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.
Werdiningsih, Dyah. 2011. Strategi Belajar dan Dampaknya Terhadap pencapaia Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Literal. Vol.
Widhiarso, W. (2005). Mengestimasi Reliabilitas. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Yaqin Ainul, 2019, Membentuk Karakter melalui Pendidikan Afeksi, Yogyakarta, Media Akademi
Yeti Mulyanti, dkk, 2010 Materi pokok ketrampilam Berbahasa Indonesia di SD, Jakarta, Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.