ANALISIS WACANA KRITIS IKLAN SKINCARE DI MEDIA SOSIAL

Seftin Adelina

Abstract


Abstrak: Dalam kehidupan sehari-hari bahasa tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, melainkan dapat digunakan sebagai instrumen untuk melakukan sarana menerapkan strategi kekuasaan. Tujuan dengan dibuatnya penelitian ini untuk mengetahui analisis wacana kritis iklan skincare di media sosial. Dalam penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis Norman Fairclough. Adapun fokus penelitian yang peneliti uraikan dalam tesis ini 1) Konstruksi wacana iklan skincare jenama lokal di instagram dan facebook. 2) konstruksi ideologi beroperasi dalam iklan skincare jenama lokal di instagram dan facebook. 3) pengaruh ideologi iklan skincare memengaruhi persepsi konsumen di instagram dan facebook. Untuk penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian yang diterapkan menggunakan studi dokumenter karena peneliti langsung mengamati, mengkaji dan menitikberatkan pada konteksnya.

Kata kunci: analisis wacana kritis, iklan skincare, media sosial.

References


Darma Aliah Yoce,. 2014 Analisis Wacana Kritis Dalam Multiperspektif. Bandung : Refika Aditama

Haryatmoko. 2016. Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis): Landasan Teori, Metodologi dan Penerapan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong J. Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2018. Media Sosial, Agama Baru Masyarakat Millenial. Malang: Intrans Publishing.

Widyatama, Rendra. 2009. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.