PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BAGI SISWA KELAS VIII DI MTsN 9 KEDIRI

Iin Yavi Lutfatin

Abstract


Abstrak: Bentuk menulis kreatif sastra memerlukan sebuah imajinasi, termasuk dalam hal menulis puisi. Materi tersebut adalah salah satu aktivitas menulis kreatif sastra karena berhubungan dengan kreativitas dan daya imajinasi seseorang. Dalam pembelajaran menulis puisi, siswa sering kesulitan bagaimana cara menemukan ide. Oleh karena itu melalui media ini dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran tersebut. Tujuan dalam pengembangan ini (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas VIII di MTsN 9 Kediri, (2) Mendeskripsikanihasil pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas VIII di MTsN 9 Kediri, (3) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas VIII di MTsN 9 Kediri. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan mereduksi langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall yang tahapnya sebagai berikut, (1) pengumpulan data dan informasi awal, (2) pengembangan produk, dan (3) uji coba validasi produk. Hasil kelayakan produk media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi kelas VIII ini memenuhi kriteria dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci: menulis puisi, media permainan imajinasi.

References


Aminnudin, 2010. Stilistika:Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ariani, Dewi. (2014). Model Imajinasi untuk Pembelajaran Menulis Puisi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Iskandarwassid. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs): Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Mulyadi, Yadi. 2016. Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Rosda.

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2016. Metodel Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.