PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS STRATEGI BELAJAR AFEKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 WAGIR MALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Istika Novitasari, Hasan Busri, Nur Fajar Arief

Abstract


Abstrak: Seorang guru di tuntut memahami dan memiliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan di dalam kelas. Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dapat membantu memudahkan peserta didik dalam menerima dan memahami sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah disepakati bersama untuk dapat melaksanakan tugasnya.

               Beragam teks yang di disajikan pada pernbelajaran kelas VIII SMP/MTS diharapkan rnampu menggugah siswa untuk berfikir kritis dan kreatif, akan tetapi teks bacaan yang disediakan pada bahan ajar Kemendikbud maupun buku pendamping lain masih bersifat universal untuk semua jenjang sekolah rnenengah pertama. Bacaan yang disediakan yang disediakan pada buku teks siswa belum mencerminkan, rnasih sulit ditangkap maknanya oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang sekiranya memiliki kesamaan dengan permasalahan yang disesuaikan dengan konteks keseharian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif tentang bagaimana pengaruh penggunaan bahan ajar menulis teks fabel berbasis strategi belajar afektif untuk siswa kelas VIII SMP.

               Strategi afektif adalah tindakan yang mengacu pada perasaan, sikap motivasi, dan nilai. Strategi-strategi afektif meliputi tiga rangkain strategi, yaitu: mengendalikan emosi, mengurangi ketegangan, dan mendorong diri.

Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa kelas VIIIC berjumlah 31 siswa SMP PGRI 01 Wagir Malang. Hasil data dalam penelitian ini adalah hasil pretes dan postes. Hasil data penelitian sebelum menggunakan bahan ajar berbasis strategi belajar afektif, nilai peserta didik di bawah rata-rata yaitu 62,58 termasuk dalam kategori yang kurang. Sedangkan dari hasil postes setelah diterapkan strategi belajar afektif nilai peserta didik dapat dilihat dari rata-rata 83,55 termasuk dalam kategori yang baik. 

Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan strategi belajar afektif (pretes) dan sesudah menggunakan strategi belajar afektif (postes). Karena harga t-statistik=8.381> t-tabel 2,042, maka terdapat perbedaan yang signifikan anatara pretes dan postes.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar afektif dalam pembelajaran menulis teks fabel pada peserta didik kelas VIIIC SMP PGRI 1 Wagir Malang Tahun ajaran 2018/2019 dapat dikatakan efektif.

Kata kunci: Strategi belajar, afektif, Menulis, teks fabel.


References


Amari, Putri dan Ardy, Indah Emijati. 2014. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. _______: Quadra.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media:Jogjakarta.

Hidayat, Anwar. 2013. Uji F dan Uji Anova (Online) (www. statistikian.com diakses 14 Februari 2019).

Mistar, Junaidi & dkk, “Strategies Training in the Teaching of Reading Comprehension for EFL Learners in Indonesiaâ€, Canadian Center of Science and Education, volume 9, no 2, 2016, 55.

Prasetyo, Bambang. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saputra, Kharisma Andika. 2015. Efektifitas Metode Peta Pikiran dalam Mengembangkan Paragraf Siswa Kelas VI MI Al Falahiyah Pandanarum Kabupaten Lumajang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FKIP Unisma.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The National Center for Company Based Training. 2007. Bahan Ajar. Diunduh pada tanggal 15 November 2019.

Thobroni.2015. Belajar dan Pembelajaran.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahono, dkk. ______. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Surabaya: Erlangga.

Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Syukur. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Wahyuni, Sri. 2009. Produk Pengembangan: Asesmen Otentik Demokratis-Humanistik dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan di SMA. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.