PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PUISI RAKYAT BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP/MTs
Abstract
Abstrak: Pengembangan karakter siswa sangatlah penting atau utama dalam sistem pendidikan nasional Indonesia integrasi antara puisi rakyat dengan pendidikan karakter sangatlah erat karena puisi rakyat yang berupa sastra lisan ini, sangat perlu diberikan perhatian lebih besar sebab dalam sastra lisanlah terkandung berbagai bentuk pendidikan, khususnya pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks puisi rakyat berbasis penguatan pendidikan karakter siswa kelas VII SMP/MTs. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pengembangan. prosedur pengembangan ini mereduksi langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall meliputi empat pokok tahapan sebagai berikut, (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) Pengembangan produk awal; (3) uji coba; (4) membuat produk akhir. Hasil kelayakan produk bahan ajar menulis teks puisi rakyat berbasis penguatan pendidikan karakter untuk kelas VII siswa SMP/MTs ini memenuhi kriteria dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Â
Kata Kunci: teks puisi rakyat, penguatan pendidikan karakterFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arifin, Bambang Samsul.dkk. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Jawa Barat: CV. Pustaka Setia.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Iskandarwassid. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kesuma, Dharma, dkk, 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Rosda.
Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs): Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Koesoema, Doni A. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.
Kurniawan, Syamsul. 2012. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perpengajaran Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyadi, Yadi. 2016. Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya
Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Rosda.
Mulyasa, 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Sitepu. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metodel Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaman Maman, 2006. Dimensi-dimensi Kontekstual di dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: IKAPI.
Retno Listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif, Jakarta: Esensi.
Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.