INTERPRETASI NILAI-NILAI RELIGIUS ISLAM DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE

Muhammad Ilham Rahmatullah Luthfi

Abstract


Abstrak: Sastra merupakan karya tulis atau cetak terbaik yang dibuat manusia, sebagai makhluk yang diberi akal. Manusia hadir untuk memberikan pemahaman terkait dengan apa yang disampaikan melalui medium bahasa. Namun terkadang untuk sekedar memahami, perlu dikaji secara khusus. Memahami sastra tersebut dari sudut pandang yang berbeda yaitu religius islam. Oleh karenanya, tujuan dilakukannya penelitian sastra berikut adalah menginterpretasi nilai religius Islam pada novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Peneltian ini berupaya menginterpretasikan atau mendeskripsikan obyek yang diteliti dengan menggambarkan religius Islam. Peneliti bertindak sebagai instrument utama dengan bantuan kodefikasi data. Data yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu data religius Islam yang terdapat pada novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye. Kemudian, yang dijadikan sumber data pada penelitian berikut adalah novel Rindu. Pengarangnya adalah Tere Liye. Diterbitkan oleh Republika pada tahun 2014. Tebal halaman 544.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai religiusitas Islam dalam novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye meliputi: (1) Nilai Tauhid dalam novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye yaitu, diantaranya beriman pada Allah, beriman pada Kitab-Kitab Allah, dan beriman pada ketetapan Qada’ dan Qadar Allah. (2) Nilai Syariah dalam novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye yaitu, diantaranya Ibadah Sholat dan Ibadah Haji. (3) Nilai Akhlak dalam novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye yaitu, diantaranya Akhlak yang berhubungan dengan Allah dan Akhlak yang berhubungan dengan Manusia.

Simpulan hasil penelitian berikut dapat dikemukakan bahwa novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye mengandung nilai religius Islam, diantaranya (1) Nilai Tauhid dalam novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye yaitu, diantaranya beriman pada Allah, beriman pada Kitab-Kitab Allah, dan beriman pada ketetapan Qada’ dan Qadar Allah. (2) Nilai Syariah dalam novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye yaitu, diantaranya Ibadah Sholat dan Ibadah Haji. (3) Nilai Akhlak dalam novel Rindu yang dikarang oleh Tere Liye yaitu, diantaranya Akhlak yang berhubungan dengan Allah dan Akhlak yang berhubungan dengan Manusia.

 

Kata kunci: Interpretasi, Religius Islam, Novel Rindu

 


References


A’la, Abdul. 2003. Dari Neomodernisme ke Islam Liberal. Jakarta: PARAMADINA

Ambarwati, Ari. 2014. Kajian Feminisme Dalam Sastra Anak. Artikel. Seminar Nasional dan Launching ADOBSI. 182.

Amminudin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arberry, A.J. 1993. Pasang-Surut Aliran Tasawuf. (Terjemahan Bambang Herawan). Bandung: Penerbit Mizan.

Atmosuwito, Subyantoro, 2010. Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dradjat, Zakiah dkk. 1986. Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Cv. Kuning Mas.

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Ass-Syaikh An-Nawawi Al-Jawi, 1988. Fathul Majid (Ilmu Tauhid). (Terjemahan Fadlil Sa’id An-Nadwi. 2000.) Surabaya: Al-Hidayah.

Nurgiyantoro, Burhan.. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra; Perknalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saifulloh, Moh, 1998. Risalah Memahami Ilmu Tasawwuf. Surabaya: Terbit Terang.

Valiudin, Mir. 1987. Tasawuf dalam Qur’an. (Terjemahan Tim Penerjemah Pustaka Firdaus). Jakarta: Pustaka Firdaus.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. (Terjemahan Melani Budianta). Jakarta: Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.