NILAI RELIGIUS NOVEL MERINDU BAGINDA NABI KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Muhammad Atijani

Abstract


Abstrak: Sebuah karya sastra novel yang berjudul “Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy” merupakan sebuah novel penggugah jiwa yang bisa membuat pembaca menjadi tergugah jika membacanya. Dalam novel ini kata atau kalimatnya komunikatif sehingga pembaca akan mudah untuk memahaminya. Selain itu cerita dalam novel ini begitu menarik untuk dibaca. Novel “Merindu Baginda Nabi”, merupakan novel pemotivasi kaum muda khususnya generasi milenial sekarang agar mengetahui nilai moral yang berupa nilai nilai religiuitasnya novel “Merindu Baginda Nabi”. Peran nilai religius sangatlah penting untuk para remaja terutama untuk siswa, sekolah ataupun tidak, karena nilai religius bisa membangun kepribadian yang kuat, karakter yang hebat serta kemuliaan akhlak. Adapun nilai religiuitas yang terdapat di novel “Merindu Baginda Nabi” ada 3 hal utama dalam pendidikan Islam yakni 1) akidah, 2) syariat, dan 3) akhlak.

 

Dalam hal ini, peneliti akan meneliti tentang nilai religiuitas dalam novel “Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy sebagai pemblajaran sastra di tingkat Madrasah Tsanawiyah. Ini merupakan penelitian yang menggunakan deskreptif kualitatife. Nilai religiuitas dalam novel “Merindu Baginda Nabi” karya Habiburrahman El Shirazy yang berupa teks novel ini dijadikan sebuah data penelitian. Penelitian novel “Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy” terbitan tahun 2018 yang dicetak Replubika Penerbit Jakarta dijadikan sumber data untuk materi pada KD 3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menemukan tiga hal pokok ajaran islam didalam novel Merindu Baginda Nabi ini yaitu; 1) aqidah. Dalam aqidah terdapat tiga macam keimanan, yaitu ; a) mengimani Allah, b) mengimani kitab Allah, dan c) mengimani Rasul. 2) Syariat. Pada syariah ini terdapat empat hal, yaitu;  shalat, berdzikir, berdoa, dan bersyukur. 3) Akhlak. Pada nilai akhlak ini terdapat empat hal yaitu; a) akhlak ke orang tua, b) akhlak ke saudara, c) akhlak pada diri sendiri yang meliputi; (1) rendah hati, (2) bersyukur, (3) dan penyesalan. d) Ahlak kepada sesama yang meliputi; (1) musyawarah, (2) tolong menolong, (3) menasihati, dan (4) kasih sayang.

 

Nilai religiuitas yang terdapat di dalam novel “Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy” ini akan dijadikan sebagai pembelajaran sastra di sekolah tingkat Madrasah Tsanawiyah. Dalam penelitian ini terdapat proses atau tahap pembelajaran, yang pertama pada tahap a) Perencanan. (1) Merumuskan kompetensi pengetahuan. (2) Menentukan kompetensi dasar. (3) Menentukan tujuan pembelajaran. (4) Materi pembelajaran. (5) Menentukan media pembelajaran. (6) Kegiatan pembelajaran dan penilaian. Tahap kedua adalah b) pelaksanaan. (1) Kegiatan pendahuluan yang dimulai dengan berdoa terlebih dahulu, kemudian siswa menanggapi dan menyimak informasi dari guru. (2) Inti kegiatan ini adalah; menyimak, bertanya, dan berkomunikasi. Kegiatan yang terakhir yaitu tentang c) Evaluasi. (1) Penilaian pengetahuan dan sikap. Dari penelitian di atas, diharapkan nilai religiuitas yang ada dalam novel “Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy” ini peserta didik dapat mengambil pesan atau pelajaran yang bisa diambil agar para remaja khususnya peserta didik mampu menciptakan pribadi baik, tentunya memiliki ahlak yang berbudi luhur.

 

Kata Kunci : Nilai religius, Novel Merindu Baginda Nabi, dan Pembelajaran Sastra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.