Dinamika Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel The Shack Karya William P. Young (Tinjauan Psikologi Sastra)

Dian Fransiska Ledi

Abstract


Abstrak: Karya sastra merupakan hasil pemikiran, imajinasi atau khayalan seorang pengarang dalam bentuk sebuah cerita fiksi atau rekaan yang diperankan oleh beberapa tokoh dengan berbagai karakter yang di dalamnya terdapat beragam masalah yang sering dialami oleh manusia dalam kehidupan sehari-sehari dan karya sastra tersebut berisi nilai-nilai tertentu. Novel adalah salah satu bentuk karya sastra yang tidak terlepas dari dimensi kejiwaan manusia. The Shack merupakan novel yang bernuansa psikologi yang menggambarkan kejiwaan seorang ayah setelah kehilangan putri bungsunya. Setelah kehilangan putri bungsu membuat kejiwaan tokoh terganggu. Hal ini terlihat pada kepribadian tokoh tersebut yang digambarkan dalam tindakan maupun tutur kata tokoh tersebut dalam novel The Shack. Berdasarkan latar belakang di atas maka penelitian ini akan dititk beratkan pada kepribadian tokoh utama dalam novel The Shack karya William P. Young.

            Ada dua cakupan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yakni (1) dinamika kepribadian tokoh utama dalam novel The Shack Karya William P. Young, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika kepribadian tokoh utama dalam novel The Shack karya William P. Young. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dinamika kepribadian tokoh utama, serta mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi dinamika kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam novel The Shack karya William P. Young.

            Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode analisis isi (Content analysis). Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi sastra serta memakai teori psokoanalisis Sigmund Freud. Data dalam penelian ini diperoleh dari novel The Shack berupa teks yang terdapat di dalamnya yang pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik baca catat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan induktif umum.

            Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa tokoh utama memiliki kepribadian yang dinamis. Hal tersebut terjadi karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi, yakni faktor sosiologis dan faktor psikis. Pada dasarnya hal-hal yang dialami oleh tokoh utama terkait dengan permasalahannya dengan sang ayah semenjak ia kecil serta kekecewaannya terhadap Tuhan pasca insiden penculikan putri bungsunya yang bernama Missy. Dinamika kerpibadian tokoh utama yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: 1) insting kematian yang dialami tokoh utama beralih ke insting kehidupan setelah tokoh utama bertemu dengan Tuhan dan keluarganya, 2) kemarahan tokoh utama  beralih menjadi kesabaran, ketaatan terhadap Tuhan, 3) faktor sosilogis menjadi faktor yang dominan mempengaruhi dinamika kepribadian tokoh utama dibandingkan dengan faktor psikis.

Kata kunci: Dinamika Kepribadian, Tokoh Utama, Psikologi Sastra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.