Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung
Abstract
Abstrak: Pengembangan pendidikan interaktif memberikan dua keuntungan yakni sebagai pendorong atas komunitas pendidikan  untuk lebih apresiatif, kreatif dan produktif dalam memaksimalkan proses dan hasil pendidikan. Selain itu pengembangan pendidikan juga memeberikan kesempatan kepada siswa dalam memanfaatkan segala hal yang ada baik segi materi, sarana atau pra sarana, yang dapat diperoleh dari bahan yang tidak terbatas. (Dharmawan 2015:5).
Berdasarkan observasi di lapangan penerapan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran siswa kelas XI SMA Islam Sunan Gunung Jati sangat berdampak positif. Hal ini ditunjukan dengan adanya antusiasme siswa yang terlihat di dalam proses pembelajaran ketika seorang guru meyampaikan proses pembelajaranya dengan menggunakan sebuah media pembelajaran yang interaktif.
           Proses penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan, Ketepatan serta kelayakan media pembelajran interaktif menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas XI SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung.
           Model pengembangan yang digunakan mengadapatasi model yang digagas oleh Borg & Gall. Model tersebut merupakan model prosedural sehingga harus dilakukan secara berurutan. Jenis data yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif atau data verbal berupa catatan atau saran yang bersifat tertulis yang ditujukan terhadap media yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif atau  data numerik dapat diperoleh dari lembar angket kuisioner yang diberikan kepada subjek uji coba. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini melibatkan ahli media pembelajaran, dan juga guru sebagai aplikator atau pengguna sekaligus pelaksana lapangan atas proses pembelajaran yang dilakukan, serta siswa kelas XI SMA Islam Sunan Gunung Jati sebagai pengguna media pembelajaran.
           Pengembangan media pembelajaran interaktif teks eksplanasi kelas XI SMA telah melalui beberapa proses uji kelayakan produk mulai validasi hingga efektifitas penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan proses yang telah dilakukan maka dapat diperoleh hasil dari beberapa aspek (1) Aspek penyajian produk, produk ini disajikan dalam bentuk media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi penayangan media pembelajaran macro media flash (2) Uji coba produk, dalam proses uji coba produk yang digunakan untuk mengetahui tingkat kebutuhan siswa diperoleh hasil lebih dari 80%. Hal ini menunjukan bahwa pengggunaan media pembelajaran yang efektif sangat diinginkan oleh siswa (3) Revisi produk, tahapan revisi produk pembelajaran dilaksanakan melalui beberapa tahapan diantaranya dari validator ahli media dan validator praktisi. Dari dua validator tersebut didapatkan bahwa media pembelajaran tersebut layak dan sangat layak untuk digunakan. (4) Efektifitas produk, tingkat efektifitas produk ditentukan berdasarkan angket yang diisi langsung oleh siswa. Dari tahapan tersebut didapatkan hasil penilaian siswa dari beberapa aspek penilaian sebesar lebih dari 90%. Berdasarkan jumlah tersebut makadapat disimpulkan bahwa media tersebut sangal layah untuk digunakan.
Dari pernyataan di atas maka dapat ditemukan hasil pengkajian bahwa tingkat kebutuhan media pembelajaran interaktif teks eksplanasi kelas XI SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung sangat singnifikan dengan kisaran prosentase sebesar 80%. Sehingga, dengan adanya pengembangan media pembelajaran ini dapat menjawab kebutuhan tersebut. Tingkat ketepatan media yang didukung dengan adanya validasi ahli dan validasi praktisi yang menempati kisaran angka diatas 75% dimana validator ahli pertama memberi skor penilaian sebesar 87% dan validator ahli memberikan penilaian sebesr 76% menyatakan bahwa media tersebut sangat layak dan layak untuk digunakan. Pemaparan tersebut juga didukung dari pemaparan validator praktisi yang yang memberikan penilaian sebesar 88% dan 93% menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif teks eksplanasi tersebut sangat layak untuh digunakan sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif teks eksplanasi tepat untuk digunakan oleh siswa kelas XI SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung. produk pengembangan media pembelajaran interaktif ini juga sangat layak digunakan untuk pembelajaran teks eksplanasi kelas XI di SMA Islam Sunan Gunung Jati. Hal ini dinyatakan dengan adanya hasil penilian siswa atas penggunaan media pembelajaran tersebut menapati kisaran angka lebih dari 90% sehingga dapat dinyatakan bahwa media tersebut ssangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, teks eksplanasi.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (1997). Media Pengajaran. Jakarta:RajaGrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Asnawir, Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan Ciputat:Pers.
Darmawan, Deni. (2015). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Rosda Karya.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta:kemendikbud.
Kosasih. (2014). Jenis-jenis Teks (Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya
Oemar, Hamalik. (1989). Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.
Punaji, Setyosari. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Restuti. (2013). Mandiri Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Riyanto. (2011) Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media.
Ruslan, Rosady. (2007). Manajemenn Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arief. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (1990)Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Sudjana, Nana. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiono, (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sumarno, Alim. (2012). Perbedaan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaodih, Nana. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaodih, Nana. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Jakarta: Rineka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![](/public/site/images/rhoviq/Garuda10.jpg)
![](/public/site/images/mdah/Crossref31.jpg)
![](/public/site/images/mdah/Dimensions31.jpg)
![](/public/site/images/rhoviq/Moraref6.jpg)
![](/public/site/images/rhoviq/PKP5.jpg)