PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDIFERENSIASI PADA MATERI MENULIS ARTIKEL UNTUK SISWA SMA

Yuanita Widiastuti, Mohammad Rifki, Nur Fajar Arief

Abstract


Abstrak : Inovasi pembelajaran yang berpihak pada profil belajar siswa belum banyak diterapkan. Hal tersebut memberikan dampak terhadap penurunan minat belajar. Akibatnya siswa tidak mampu menghasilkan artikel yang berkualitas. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengembangkan bahan ajar berdiferensiasi pada materi menulis artikel untuk siswa SMA yang dapat dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aspek materi/isi, media, dan bahasa. Penelitian ini melakukan proses pengembangan produk model Borg dan Gall. Proses pengembangan dilakukan dengan tahapan analisis kebutuhan, perencanaan media, pengembangan produk, uji coba perseorangan, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan rerata 88,41% uji ahli dan 92,23% uji rekan sejawat sehingga bahan ajar layak untuk diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran. Bahan ajar berdiferensiasi pada materi menulis artikel dapat direkomendasikan sebagai bahan ajar yang dapat diterapkan untuk memudahkan siswa dalam menulis artikel.

Kata kunci:  Bahan Ajar Berdiferensiasi, Inovasi Pembelajaran, Menulis Artikel, Siswa SMA


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Adios, Thossi, Padi Utomo, and Ria Ariesta. 2021. “Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Berdasarkan Media Visual Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu.†Jurnal Ilmiah KORPUS 5 (1): 108–16. https://doi.org/10.33369/JIK.V5I1.13000.

Ahmad, Fery, and Mukh Doyin. 2015. “Pengembangan Buku Pop Up Tiga Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi.†Lingua 11 (2).

Alba, Aldine Pramita, Sa’dun Akbar, and Nurchasanah Nurchasanah. 2019. “Bahan Ajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal.†Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4 (4): 421. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V4I4.12228.

Alhafiz, N. 2022. “Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru.†Bajangjournal.Com. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru&sortBy=relevance.

Amalia, Rezki, Akmal Hamsa, and Muhammad Saleh. 2022. “Analisis Penggunaan Klausa Dalam Rubrik Opini Pada Surat Kabar Harian Tribun Timur Makassar.†BISAI : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 1: 28–39.

Armansyah, A. B. Nasution, D. Apriani, and Y. S. Zevri. 2022. “Penentuan Komunitas Literasi Terbaik Dengan Menerapkan Metode SMART.†Aira 1. https://journal.aira.or.id/index.php/spk/article/view/104.

Bagir, Haidar. 2020. Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Bandung: Mizan.

Basir, Abdul, and Muhammad Rusydi. 2021. “Konstruksi Pembelajaran Bahasa Arab Konstruktif Dalam Lokus Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Perspektif Filsafat Konstuktivisme.†Al-Waroqah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2 (2): 37–46.

Effendi, Hansi, and Yeka Hendriyani. 2016. “Pengembangan Model Blended Learning Interaktif Dengan Prosedur Borg and Gall.†International Seminar on Education (ISE) 2nd, 62–70. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfajx.

Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul.†Jurnal Basicedu. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul&sortBy=relevance.

Girsang, Novita. 2022. “Pengaruh Metode Gallery Walk dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Di SMP Negeri 1 Tigaraja TP 2021/2022.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 7 (2): 1–38.

Handiyani, M., and T. Muhtar. 2019. “Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran Dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis.†Jurnal Basicedu 5 (3): 1683–88. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116.

Hendratmoko, dkk. 2018. “Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara.†JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2),: 152–57.

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimizing Student Needs and Learning Outcomes With.†PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan 35 (2).

Idham. 2021. “Mengukur Tingkat Keterbacaan Tulisan ‘ Pendekatan Interaksional Dalam Pembelajaran Menulis Dan Konstribusinya Pada Pendidikan Karakter ’ Karya Lies Amin Lestari Dengan Grafik Fry.†Jurnal Ilmiah PENA: 1 (1). https://doi.org/https://ejournal.hamjahdiha.or.id/index.php/PENA/article/view/29.

Inawati, and G. S Sari. 2022. “Hubungan Ketersediaan Rambu-Rambu Perpustakaan Dengan.†BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi Volume 6 (1): 1–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/25296.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (2): 3011–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Indriasari, M. 2022. “Implementasi Kemampuan Menerapkan Unsur Mekanik Dalam Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Xi Di Sman 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta.†Wistara 5 (1): 60–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/wistara.v5i1.5263.

Iskandar, Dedi. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1 (2): 123–40. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48.

Izza, A., M. Z. Falah, and S. Susilawati. 2020. “Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar.†Konferensi ilmiah pendidikan universitas pekalongan. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar&sortBy=relevance.

Johns, Brendan T., Melody Dye, and Michael N. Jones. 2016. “The Influence of Contextual Diversity on Word Learning.†Psychonomic Bulletin and Review 23 (4): 1214–20. https://doi.org/10.3758/S13423-015-0980-7.

Kadova, Lala, and Nur Amelia. 2021. “Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013.†Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia 10 (1): Hlm 3.

Kristian, N., Suyono, and Sunaryo. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Penelitian Berbasis Pengayaan Skemata Bacaan.†Jurnal Pendidikan 1 (2). https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Pengembangan bahan ajar menulis laporan penelitian berbasis pengayaan skemata bacaan&sortBy=relevance.

Mardhiyah, R. H, S. N. F Aldriani, and F. Chitta. 2021. “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.†Lectura 12 (1): 187–93. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813/2659.

Marpaung, Junierissa. 2015. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa.†KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program 2(2).

Maunah, Binti. 2019. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Mayandri, Ghaisyah Dwi, Haryadi, and Pristiwati Rahayu. 2022. “Evaluasi Kelayakan Isi, Materi, Bahasa, Dan Keterbacaan Pada Buku Ajar Bahasa Indonesia SMA.†Asas : Jurnal Sastra Keterbacaan Pada Buku Ajar 11 (1).

Mustaghfiroh, Siti. 2020. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.†Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Konsep “merdeka belajar†perspektif aliran progresivisme John Dewey&sortBy=relevance.

Nugraha, Danu Aji, Achmad Binadja, and Supartono. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik.†Journal of Innovative Science Education. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets%2C Berorientasi Konstruktivistik&sortBy=relevance.

Nur Alviya, Siti Risna, Indrya Mulyaningsih, and Emah Khuzaemah. 2020. “Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Mahir Berbahasa Indonesia (Marbi) Kelas Vii Edisi Revisi.†Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 8 (2): 325. https://doi.org/10.20961/BASASTRA.V8I2.43732.

Pane, R. N., S. Lumbantoruan, and S. D Simanjuntak. 2022. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik.†BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu 1 (03): 173–80. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/306.

Permanasari, Anna. 2014. “Kurikulum 2013: Implikasinya Dalam Pembelajarn d Sekolah, Pendidikan Profesi Dan Pendidikan Tinggi.†Prosiding Seminar Nasional 1 (1): 8–16. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/218.

Pohan, Jusrin Efendi. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Konteks Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Prapat.†Jurnal Education and Development 5 (1): 31–34.

Pratama, Devangga Putra Adhitya, and Norida Canda Sakti. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android Pada Materi APBN Dan APBD Kelas XI IPS.†Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12 (1): 15–28. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25327.

Rahmayantis, Marista Dwi, and Nurlailiyah Nurlailiyah. 2021. “Pengembangan Materi Bahan Ajar Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Di SMPN 1 Tulungagung.†KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching 6 (2): 243–54. https://doi.org/10.22219/KEMBARA.V6I2.14025.

Romadhon, S., Dawud, and I. A Basuki. 2018. “Bahan Ajar Menulis Artikel Opini Dengan Metode Pembelajaran Curah Gagasan.†Jurnal Pendidikan 3 (2): 215–22. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10520/5176.

Rukiyah, Rukiyah, Taruni Suningsih, and Syafdaningsih Syafdaningsih. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (4): 3714–26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385.

Simanulang, Jonny. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi Dengan Pendekatan Pendidkan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama.†Jurnal Pendidikan Matematika 8 (1). https://doi.org/10.22342/JPM.8.1.1859.43-54.

Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. 2020. “Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0.†Fitrah: Journal of Islamic Education 1 (1): 141–57. https://doi.org/10.53802/FITRAH.V1I1.13.

Siti Aisyah, Evih Noviyanti, and Triyanto. 2020. “Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.†Jurnal Salaka. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka&sortBy=relevance.

Sittariandani, R., and F. P Rahmawati. 2019. “Kelayakan Buku Bahan Belajar Daring (BBD) Kelas I Jilid 2 Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5 (3): 1683–88. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3222 ISSN.

Sopiansyah, D., S. Masruroh, Q. Y. Zaqiah, and M. Erihadiana. 2022. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ).†Eligion Education Social Laa Roiba Journal 4 (1). https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458.

Suardi, dkk. 2020. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Suci, Dewi Nur, Yazid Basthomi, Nur Mukminatien, Asih Santihastuti, and Syamdianita. 2021. “EFL Students’ Responses on Teacher’s Online Written Feedback: Interaction, Revision, and Perception.†Indonesian Journal of Applied Linguistics 11 (2): 292–306. https://doi.org/10.17509/IJAL.V11I2.28549.

Sudaryanto, Wahyu Widayati, and Risza Amalia. 2020. “Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Bahasa (Dan Sastra) Indonesia.†Kode: Jurnal Bahasa 9 (2). https://doi.org/10.24114/KJB.V9I2.18379.

Sulton, M., Nuny Sulistiany, and Yeti Mulyati. 2008. “Strategi 3-m (Mengumpulkan Bahan, Menulis, Menyunting) Dalam Pembelajaran Menulis Artikel Di Sma.†Seminar Internasional Riksa Bahasa Xiv IV (2): 384–89.

Suryadi, Edi, F A Milawasri, and Lustina Lustina. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa.†Jurnal Bindo Sastra 6 (1): 15. https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.3503.

Suryaman, Maman. 2015. “Dimensi-Dimensi Kontekstual Di Dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia.†Diksi 13 (2): 165–78. https://doi.org/10.21831/diksi.v13i2.6456.

Syabana, Y. N., and J. Susilowibowo. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Flipbook Perusahaan Dagang Guna Mendukung Proses.†Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi 7 (1): 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i1.5803.

Syahriadi. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Statistik Dengan Materi Persebaran Data/ Amatan Data Bergolong Untuk Mahasiswa Pendidikan Olahraga.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (2): 1752–66. https://doi.org/https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1951.

Weda, Dayu, Ni Kadek Meini Ariyanthi, and I Nyoman Artika Adhikara. 2022. “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Siangan.†SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra 14 (1): 12–21. https://doi.org/10.36733/sphota.v14i1.2092.

Yanti, Novia Sri, Maria Montessori, Desri Nora, and Petru Rafel. 2020. “Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam.†Journal of Multidicsiplinary 4 (3): 203–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.