PERENCANAAN BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak : Keterampilan abad 21 merupakan jawaban dunia pendidikan dalam menyambut era industri 4.0. Bahan ajar bahasa Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga perlu menyesuaikan dengan pendekatan tersebut. Sinkronisasi kurikulum SMK dengan industri tentu membawa keuntungan tersendiri bagi penyusunan bahan ajar teks anekdot khususnya keahlian Animasi. Penelitian pengembangan dengan metode 4D ini berusaha membuat prototipe bahan ajar yang menerapkan keterampilan abad 21 berbantuan Google Sites. Tahapan penelitian terdiri atas riset awal dan pengumpulan informasi, landasan dan perencanaan produk, dan pengembangan format produk. Tahapan pengujian produk tidak dilaksanakan. Guru mengalami kesulitan dalam menuntaskan materi dikarenakan jam pembelajaran sering digunakan untuk kegiatan kejuruan. Penerapan keterampilan abad 21 dalam bahan ajar anekdot sebagai berikut: (1) berpikir kritis (crtitical thinking) diterapkan pada kegiatan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan; (2) komunikasi (communication) dilaksanakan dengan mempresentasikan idenya untuk diunggah melalui media sosial; (3) kolaborasi (collaboration) dengan kegiatan berkelompok dalam menulis anekdot berdasar komik strip; dan (4) kreativitas dan inovasi (creativity and innovation) dalam menyusun teks anekdot berdasar komik strip berdasar urutan yang diberikan.
Kata kunci: anekdot, bahan ajar, mobile learning, keterampilan abad 21, sekolah menengah kejuruan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Aveling, H. (2002). Rumah Sastra Indonesia. PT Indonesia Tera.
Bauer, P., Kolb, C., & Bastian, J. (2020). Mobile learning in higher education. Proceedings of the 16th International Conference Mobile Learning 2020, ML 2020. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v5.i4(se).2017.1942
Beghetto, R. A., & Karwowski, M. (2018). Educational consequences of creativity: A creative learning perspective. In Creativity (Vol. 5, Issue 2, pp. 146–154). Sciendo. https://doi.org/10.1515/ctra-2018-0011
Care, E., Griffin, P., & Wilson, M. (2018). Assessment and Teaching of 21st Century Skills Research and Applications. Educational Assessment in an Information Age, January.
Chung, Y., Yoo, J., Kim, S. W., Lee, H., & Zeidler, D. L. (2016). ENHANCING STUDENTS’ COMMUNICATION SKILLS IN THE SCIENCE CLASSROOM THROUGH SOCIOSCIENTIFIC ISSUES. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(1), 1–27. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9557-6
Davies, P. F. (2019). New choices of the comics creator. Comics Grid: Journal of Comics Scholarship, 9(1). https://doi.org/10.16995/cg.153
Dekker, T. J. (2020). Teaching critical thinking through engagement with multiplicity. Thinking Skills and Creativity, 37. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100701
Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet. (2016). Salinan Inpres Nomer 9 Tahun 2016-REITALISASI SMK.
Duwi Saputro, Sabardila, A., Prayitno, H. J., & Markhamah, M. (2021). Integrasi Keterampilan Berpikir Kritis dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Berperspektif HOTS. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(3). https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.168
Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Buana Pustaka.
Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Ernalis, -, Syahruddin, D., & Abidin, Y. (2016). Pengembangan Model Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Model Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Pendidikan Karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2832
Febriana, N., & Afrianti, D. (2021). Development of Indonesian Language Teaching materials in Universities. Proceeding of International Conference on Language Pedagogy (ICOLP), 1(1). https://doi.org/10.24036/icolp.v1i1.33
Ferismayanti. (2021). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh.
Glavanakova, A. (2017). INTERSECTIONS: TEACHING LITERATURE IN THE DIGITAL AGE.
Global Stats. (2021). StatCounter-os_combined-ID-monthly-202011-202111.
Gumelar, F.-. (2018). MEME: DAPATKAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT? JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 2(1). https://doi.org/10.30595/jssh.v2i1.2315
Gumrowi, A. (2020). Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Abad 21 Melalui Individual Conference. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i1.851
Hendra Saputra, V., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.
Himang, V. H., Gede Mulawarman, W., & Ilyas, D. M. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS XI SMK. In Online) Diglosia (Vol. 2, Issue 2).
Husna, M. Ikhsan, S. F. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Peluang, 1(April).
Khasanah, R., & Muflihah, S. M. (2021). Online Learning Management Using Google Sites on Relations and Functions in Pandemic Conditions. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1). https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.49
Littlejohn, A. (2012). Language teaching materials and the (very) big picture. Electronic Journal of Foreign Language Teaching, 9(SUPPL.1), 283–297.
Lu ’mu. (2017). Learning media of applications design based android mobile smartphone. International Journal of Applied Engineering Research ISSN, 12(17).
Mohammadi, M., Marzooghi, R. A., Salimi, G., & Mansoori, S. (2017). Learners’ Experiences of Mobile Learning in Vocational and Technical Education Courses. Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences, 8(4). https://doi.org/10.5812/ijvlms.64424
Muharum, A. M., Joyejob, V. T., Hurbungs, V., & Beeharry, Y. (2017). Enersave API: Android-based power-saving framework for mobile devices. Future Computing and Informatics Journal, 2(1). https://doi.org/10.1016/j.fcij.2017.07.001
Mulyadi, Riyadi, & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4).
OECD. (2018). The future of education and skills Education 2030.
Pardeshi, V. H., & Alliwadi, S. (2009). Google Apps : An Alternative to Learning Management System. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 10.
Qomariyah, U. (2020). Evaluasi Tujuan Pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): Implementasi Standar Proses pada Pembelajaran Sastra. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(3). https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.74
Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, 17(2), 59–66.
Roodt, S., & De Villiers, C. (2012). Using google sites© as an innovative learning tool at undergraduate level in higher education. ECIS 2012 - Proceedings of the 20th European Conference on Information Systems.
Rosdianti, H., Wuryandani, W., & Retnawati, H. (2020). Teachers’ Strategies in Developing and Measuring Students’ Communication Skills. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i2.6836
Rotondi, V., Stanca, L., & Tomasuolo, M. (2017). Connecting alone: Smartphone use, quality of social interactions and well-being. Journal of Economic Psychology, 63. https://doi.org/10.1016/j.joep.2017.09.001
Saleem, A., & Ilyas, M. (2019). Goals of teaching literature: Literacy, liberalism and global citizenship. International Journal of English Language and Literature Studies, 8(2). https://doi.org/10.18488/journal.23.2019.82.78.86
Savitri, A. I. (2016). STRIP KOMIK SEBAGAI WADAH PERISTIWA BUDAYA. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(1), 25. https://doi.org/10.14710/sabda.v11i1.13220
Sopandi, S. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anekdot melalui Penerapan Strategi Genius Learning. Journal of Education Action Research, 4(4). https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28508
Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing student 21st Century skills in selected exemplary inclusive STEM high schools. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0192-1
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).
Weisman, M., & Anderson, T. (2020). Innovate With Google Sites : Video EDU 90.
Yuliani, E. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3). https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6396
Zain, I. M. (2017). The Collaborative Instructional Design System (CIDS): Visualizing the 21st Century Learning. Universal Journal of Educational Research, 5(12). https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051216
Refbacks
- There are currently no refbacks.