PEMANFAATAN ANEKDOT DALAM MEMBUAT KOMIK STRIP BERTEMA SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK SMK BIDANG ANIMASI : KAJIAN SASTRA INTERDISIPLINER
Abstract
Abstrak : Anekdot dalam komik strip bertema sosial strategis dipajankan pada peserta didik sekolah menengah. Anekdot diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sedangkan komik strip merupakan salah satu kompetensi dalam teori kejuruan bidang Animasi. Penelitian ini mengeksplorasi kolaborasi anekdot dalam komik strip melalui pembelajaran sastra interdisipliner yang mendekatkan sastra pada
dunia kerja peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menyusun purwarupa komik strip yang bersumber dari anekdot sebagai perpaduan bidang sastra dan teori kejuruan animasi. Tahapan penelitian terdiri dari define dan design. Tahap define merupakan pengumpulan informasi awal yang dilakukan dengan teknik kuesioner pada peserta didik serta wawancara dengan guru bahasa Indonesia dan Teori Kejuruan. Pada tahap design peneliti mengikuti langkah pembuatan komik strip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik bidang Animasi terbantu menyusun komik strip kritik sosial dengan menggunakan anekdot. Langkah-langkah dalam penyusunan komik strip bertema kritik sosial menggunakan anekdot terdiri dari (1) menentukan ide, (2) memilih karakter, (3) membuat premis/sinopsis, (4) membuat alur cerita, dan (5) menentukan plot twist. Tahap selanjutnya ialah proses digitalisasi sehingga komik strip dapat digunakan baik dalam pembelajaran tatap muka maupun daring. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa anekdot membantu peserta didik SMK bidang Animasi dalam membuat komik strip bertema sosial. Penelitian lanjutan terkait efektivitas penggunaan anekdot dalam membuat komik strip bertema sosial pada peserta didik SMK bidang animasi perlu dilakukan
Kata kunci: Anekdot, Komik strip, SMK animasi, Sastra interdisipliner.Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Agustina, Y. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA AL MA’SHUM KISARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(3), 200. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5416
Asri, B. (2020). PENANGGULANGAN PENCEMARAN SAMPAH DENGAN MEDIA KOMIK STRIP. Jurnal Penelitian Humaniora, 24(1). https://doi.org/10.21831/hum.v24i1.14778
Aveling, H. (2002). Rumah Sastra Indonesia. PT Indonesia Tera.
Davies, P. F. (2019). New choices of the comics creator. Comics Grid: Journal of Comics Scholarship, 9(1). https://doi.org/10.16995/cg.153
Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet. (2016). Salinan Inpres Nomer 9 Tahun 2016-REITALISASI SMK.
Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Buana Pustaka.
Erdem, M. (2015). The role of teachers in teaching literature. Thesis, 3.
Glavanakova, A. (2017). INTERSECTIONS: TEACHING LITERATURE IN THE DIGITAL AGE.
Gulo, S., & Ali Sidiqin, M. (2020). KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1). https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.258
Gumelar, F.-. (2018). MEME: DAPATKAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT? JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 2(1). https://doi.org/10.30595/jssh.v2i1.2315
Gumelar, M. (2012). Comic Making: Membuat Komik. PT Indeks.
Hendra Saputra, V., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514
Hidayat, F. R. (2015). Pembuatan Buku Komik Sawunggaling. Pendidikan Seni Rupa, 3(3), 77–85.
Janarto, D. K. (2010). Pembelajaran Interdisipliner: Upaya Mengapresiasi Sastra Secara Holistik. Humaniora, 1(2). https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2893
LeBlanc, N., & Irwin, R. L. (2018). Teachers Storying Themselves Into Teaching: Comics as an Emergent and Relational Form of Research. LEARNing Landscapes, 11(2). https://doi.org/10.36510/learnland.v11i2.959
McCloud, S. (2008). Membuat Komik: Rahasia Bercerita dalam Komik, Manga, dan Novel Grafis (A. (penerjemah) Febrianto (ed.); 2nd ed.). PT Gramedia.
Monggilo, Z. M. Z. (2020). ANALISIS KONTEN KUALITATIF HOAKS DAN LITERASI DIGITAL DALAM @KOMIKFUNDAY. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.14710/interaksi.9.1.1-18
Mukhlis, M., & Asnawi, A. (2019). Teks Anekdot dalam Cerita Lisan Yong Dollah Pewarisan Orang Melayu Sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Bahasa Indonesia. GERAM, 7(2). https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).3774
Mulyati, L. (2016). Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Riksa Bahasa, 2(2).
Novlita, T. (2013). Menyusun dan Mewarnai Komik Digital. PT Bintang Pustaka Abadi.
Ramliyana, R. (2016). Membangkitkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Media Komik. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15408/dialektika.v3i1.4183
Ratnasari, D. T., & Ginanjar, A. (2019). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Edukasi. Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Edukasi Penanggulangan Bencana Alam, 4(1), 481–488.
Ristiasari, R., & Kaprisma, H. (2021). SOCIAL CRITICISM IN THE MISTER FRIMEN ANIMATED SERIES. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 12(2). https://doi.org/10.33153/capture.v12i2.3255
Saifudin, A. (2017). Penggunaan Manga Humor dalam Pembelajaran Bahasa dan Penelitian Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2). https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i2.8711
Saleem, A., & Ilyas, M. (2019). Goals of teaching literature: Literacy, liberalism and global citizenship. International Journal of English Language and Literature Studies, 8(2). https://doi.org/10.18488/journal.23.2019.82.78.86
Saputro, G. E., & Haryadi, T. E. (2019). KOMIK STRIP DAN FENOMENA CLICKBAIT. Titik Imaji, 2(1). https://doi.org/10.30813/.v2i1.1528
Savitri, A. I. (2016). STRIP KOMIK SEBAGAI WADAH PERISTIWA BUDAYA. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 11(1), 25. https://doi.org/10.14710/sabda.v11i1.13220
Setya Prayoga, D., Teknologi dan Bisnis Asia Malang, I., & Korespondensi, P. (2020). TEKNIK MEMBUAT KOMIK STRIP DIGITAL. In Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA) (Vol. 04, Issue 02).
Sopandi, S. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anekdot melalui Penerapan Strategi Genius Learning. Journal of Education Action Research, 4(4). https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28508
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.
Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia untuk SMA/ MA/ SMK/ MAK Kelas X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sulistiyawati, D. (2017). BAHASA HUMOR DALAM LINE WEBTOON SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X Dis. In UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Ulfah, A. (2016). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Madaniyah, In Seminar, 1–7.
Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). PENGGUNAAN KOMIK DIGITAL TOONDOO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH MENENGAH. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 1. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673
Wibisono, S., & Wirawati, D. (2020). Teknik Bahasa Humor Komedian Sadana Agung dan Keterkaitan dengan Bahan Ajar Teks Anekdot. Lingua Susastra, 1(2). https://doi.org/10.24036/ls.v1i2.9
Wiradinata, R., Titin, N., & Zuhri, D. A. (2014). STRUKTUR TEKS DAN UNSUR KONTEKS ANEKDOT GUS DUR SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN PEMEBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. 3(2), 548–566.
Refbacks
- There are currently no refbacks.