PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK

Ervin Dwi Anggun T.I.A, Hasan Busri

Abstract


Abstrak : Kondisi pembelajaran di MA Jabal Nuur Wates Kediri belum terlaksana dengan baik sebab penggunaan media yang belum maksimal. Oleh karena itu media perlu dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Produk media Infografis dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks cerita pendek disajikan dalam bentuk peta konsep dan rangkuman singkat dengan ilustrasi gambar yang diberikan kepada siswa agar siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pengembangan media infografis untuk pembelajaran teks cerita pendek kelas XI MA Jabal Nuur Wates Kediri. 2) mendeskripsikan kelayakan media infografis untuk pembelajaran teks cerita pendek kelas XI MA Jabal Nuur Wates Kediri. Media infografis ini dikembangan berdasarkan model pembelajaran ADDIE (Dick & Carey, 1996). Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi praktisi. Efektivitas produk dapat diketahui melalui kegiatan ujicoba kelompok kecil, serta uji pengukuran minat belajar siswa sesudah memakai media “Pamfletâ€. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pertama yaitu penilaian ahli perancangan pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 92% dengan kategori “sangat layakâ€. Yang kedua yaitu penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil penilaian sebesar 87% dengan kategori “layakâ€. Yang ketiga yaitu penilaian ahli kebahasaan, diperoleh hasil penilaian sebesar 93% dengan kategori “sangat layakâ€. Keempat penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar 94% dengan kategori “sangat layakâ€. Kelima penilaian ahli praktisi, diperoleh hasil penilaian sebesar 97% dengan kategori “sangat layakâ€. Selain dinilai oleh para ahli, produk juga dinilai oleh pengguna baik itu guru maupun peserta didik. Penilaian yang dilakukan pengguna guru terbagi menjadi tiga aspek yaitu aspek materi/isi, aspek kebahasaan, dan aspek media. Penilaian aspek materi/isi diperoleh hasil sebesar 97% dengan kategori “sangat layakâ€. Penilaian aspek kebahasaan diperoleh hasil sebesar 95% dengan kategori “sangat layakâ€. Sedangkan penilaian aspek media diperoleh hasil sebesar 97% dengan kategori “sangat layakâ€. Berikutnya penilaian dari pengguna peserta didik, diperoleh hasil penilaian sebesar 93% dengan kategori “sangat layakâ€. Dengan perolehan tersebut, maka dapat dikategorikan bahwa produk media Infografis untuk pembelajaran teks cerpen bagi kelas XI MA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Media Infografis, Cerita Pendek


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), h. 24.

Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Antar Semi. 1990. Menulis efektif. Padang; CV Ankasa Raya.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asf, Jasmani & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pe ngawas Sekolah dan Guru. Jokjakarta: ArRuzz Media.

Asim, Sistematika Penelitian Pengembangan, (Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang, 2001) hlm.1.

Borg W.R. and Gall M.D., Educational Research: An Introduction, 4th edition (London: Longman Inc., 1983).

Brown, H. D. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. San Francisco: California Longman.

Dick, W., Carey, L. & Carey, J.O. 1996. The Systematic Design of Instruction. Florida.

Hakim, Thursan. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamdani Hamid, Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia, (Bandung : Pustaka Setia,2013), h. 125.

Kominfo. 2018. Kiat Bikin Infografis Keren dan Berkualitas [PDF]. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

Mahargyani. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Sebelas Maret.

Martin, M. (2013). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berbantu Media Audio Visual Trailer Film Asing. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran Universitas Negeri Padang, 1.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membutuhkan Memecahkan Problemetika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2015). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. Saptodewo, F. 2014. Desain Infografis sebagai Penyajian Data yang Menarik. Jurnal Desain, 1(3), 163.

Sofyana dan Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. JANAPATI: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol.8 No.1. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/17204/pdf). Diakses 01 Mei 2021.

Sudiasa, I. W., Rasna, I. W., Indriani, M. S., & Hum, M. (2015). Kemampuan Menulis Cerita Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMPN 6 Singaraja: Sebuah Kajian Struktur Gramatikal. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1).

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Suhadi, Ibnu, Kebijakan Penelitian Perguruan, (Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang, 2001) hlm.5.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2008) hlm. 409. Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhadi, Ibnu, Kebijakan Penelitian Perguruan, (Malang: Lembaga PenelitianUniversitas Negeri Malang, 2001) hlm.5.

Sutarni, Sri dan Sukardi. 2008. Bahasa Indonesia 3. Bogor; Quadra. Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tegeh, I. M. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Yogyakarta Graha Ilmu.

Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka.

William W. Lee dan Diana L.Owens. 2004. Multimedia-Based Instructional Design (Second Edition). San Fransisco: Pfeiffer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.