IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 2 MALANG
Abstract
Abstrak: Literasi baca tulis di kelas I merupakan literasi baca pemula. Membaca dan menulis mempunyai hubungan erat, ketika peserta didik sering membaca maka hasil tulisan peserta didik akan baik, karena dengan membaca peserta didik mempunyai banyak pengetahuan dan wawasan mengenai kosa kata. Fokus penelitan ini yaitu pelaksanaan pembelajaran literasi baca tulis dengan kurikulum merdeka belajar di kelas I sekolah inklusi SDN Sumbersari 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran literasi baca tulis dengan kurikulum merdeka belajar dengan kurikulum merdeka belajar di kelas I sekolah inklusi SDN Sumbersari 2 Malang. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kelas (deskriptif), karena penelitian ini dilakukan didalam kelas dan menghasilkan data dalam bentuk mengenai implementasi pembelajaran literasi baca tulis di sekolah inklusi SDN Sumbersari 2 Malang. Kehadiran peneliti sangat diperlukan karena peneliti sebagai pengamat, pengumpul, penganalisis, penyimpul, serta pelapor data. Latar penelitian berada di SDN Sumbersari 2 Malang. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran literasi baca tulis dengan kurikulum merdeka belajar di kelas I dilakukan di ruang kelas/ kelas reguler (inklusi penuh) pada pelaksanaannya pendidik menggunakan media visual berupa buku paket dan papan tulis untuk peserta didik reguler, hiperaktif/ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorders) dan gangguan pendengaran ringan. Tidak ada perbedaan media pembelajaran yang digunakan pendidik kepada peserta didik reguler, hiperaktif/ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorders) dan gangguan pendengaran ringan. Materi yang diberikan pendidik sesuai dengan modul ajar, perbedaan pendidik lebih memperhatikan peserta didik hiperaktif/ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorders) dan gangguan pendengaran ringan pada saat pembelajaran literasi baca tulis. Metode yang digunakan pendidik yaitu metode membaca suku kata dan mengeja. Pendidik juga memberikan waktu lebih untuk peserta didik hiperaktif/ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorders) dan gangguan pendengaran ringan. Kesimpulan pada penelitian peserta didik melakukan pemnbelajaran literasi baca tulis di kelas inklusi penuh. Media yang digunakan pendidik berupa buku paket dan papan tulis. Pendidik menggunakan metode mambaca dan menulisa pemulaan dengan metode eja dan suku kata.
Kata kunci: Literasi, hiperaktif/ADHD, pelaksanaan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR RUJUKAN
Anindya, dkk. 2019. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran
Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 2, Tahun
, pp. 238-245 P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174. Diunduh 26
September 2022 Pukul (15.11).
Ciptaningrum, Nidya Indrilla; Dyah Setyowati. 2018. An Approach In Teaching
Writing Skills: Does It Offer A New Insight In Enhancing Students’ Writing
Ability.â€LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching 12:
–33.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika
Aditama.
Kemendikbud. 2022. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2022. Aplikasi Merdeka Mengajar Versi 1.18.0. Diupdate 13 September 2022.
Kemendikbud. 2021. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Diunduh 26 September 2022.
Siron, dkk. 2020. Diet Anak Attetion-Defict/Hyperactivity Disorder (ADHD (ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDERS)):
Tantangan orang tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol.
(3), pp.161-169, 2020 p-ISSN: 2613-9669; e-ISSN: 2613-9650
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD. Diunduh 14 September
(10.58).
Smith, David J. 2018. SEKOLAH UNTUK SEMUA teori dan implementasi inklusi
Edisi Revisi. Bandung: Nuansa
Cendekia.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: CV.Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Utami, dkk. 2022. Analisis Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Metode
Struktural Analistik Sintetik (SAS) Pada Peserta didik Kelas 1 Sekolah
Dasar IT Adzkia 3 Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal)
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 6 Nomor 1
Februari 2022 P-ISSN: 2581-1800 dan E-ISSN: 2597-4122. Diunduh 24
September 2022 Pukul (08.45).
Wahyuni, Sri. 2010. Cepat Bisa Baca.
Malang.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media
Pembelejaran. Yogyakarta: Kata
Pena.
Refbacks
- There are currently no refbacks.