EFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Muhamad Safi’i, Dyah Werdiningsih, Nur Fajar Arief

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berusaha untuk memastikan bagaimana strategi sosial mempengaruhi kemampuan berbicara. Dengan metode kuantitatif eksplanatori, desain ex post facto diterapkan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Darul Huda Blitar, sedangkan sampel penelitian adalah 53 siswa kelas IX A dan B. Tes dan kuesioner adalah alat pengumpulan data utama yang digunakan dalam penyelidikan ini. Regresi pada beberapa skala linier digunakan untuk menganalisis data. Menurut temuan penelitian ini, uji Anova dua arah dapat digunakan untuk menentukan apakah hipotesis benar jika n sig.(2-tailed) 0,05, dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dengan tingkat signifikansi 0,042 (0,05), penggunaan metode sosial berdampak baik dan substansial terhadap penguasaan kemampuan berbicara siswa Kelas IX MTS Darul Huda Blitar. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang menguntungkan dan substansial dari penerapan metode emosional terhadap penguasaan kemampuan berbicara siswa, dengan signifikansi 0,045 0,05. Penggunaan metode sosial dan afektif kemudian memiliki dampak yang menguntungkan dan substansial dengan tingkat signifikansi 0,001 pada penguasaan kemampuan berbicara siswa secara bersamaan. Temuan ini menunjukkan bahwa metode sosial memiliki pengaruh yang menguntungkan dan signifikan terhadap penguasaan kemampuan berbicara siswa kelas IX MTs Darul Huda Blitar. Dengan kata lain, anak-anak yang menggunakan taktik pembelajaran sosial lebih sering menjadi lebih mahir dalam berbicara. Mengenai rekomendasi yang dibuat setelah penelitian, diperlukan studi tambahan, terutama untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar melalui gaya belajar lain yang lebih beragam.

Kata Kunci: Strategi Sosial, Keterampilan Berbicara,

References


DAFTAR PUSTAKA

Alifah, F. N. (2019). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF. Tadrib, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Ambarsari, D., Budyartati, S., & Chasanatun, T. W. (2020). Strategi pembelajaran afektif dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas 4 SDN Kledokan 1 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun ajaran 2019/2020. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 69–77.

Arizona, K., Harjono, A., & Jufri, A. W. (2013). Pengaruh implementasi media tiga dimensi kemagnetan berbasis inkuiri (mtdkbi) melalui strategi kooperatif terhadap kecakapan sosial. Erudio Journal of Educational Innovation, 1(2).

Danial, V., & Supiah, S. (2019). Membentuk Karakter Melalui Pembelajaran Ranah Afektif Peserta Didik Di SMP Negeri 8 Gorontalo. PEKERTI, 1(2), 58–65.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256–267.

Kadir, S. F. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif untuk Investasi Pendidikan Masa Depan. Al-Ta’dib, 8(2), 135–149.

Kusumaningsih, C., Baharuddin, J. H., & Anita, F. (2020). Strategi Belajar Mahasiswa terhadap Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), 266–275.

LSA Prasetyoningsih, M.Pd, D. H. N. F. A., & Muttaqin, K. (2021). KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara.

Owon, R. A. S. (2019). Penggunaan Media Plano Kalender Bekas untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Materi Pidato Persuasif di Kelas IX SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 198–213.

Ratka, A. (2018). Empathy and the development of affective skills. American Journal of pharmaceutical education, 82(10).

Sarwono, J. (2013). Mixed Methods Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset. Elex Media Komputindo.

Sihombing, R. L., & Sukri, U. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Karakter Mahasiswa. Skenoo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 116–127.

Sutomo, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1).

Wahid, A. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar ips di SDN Kabupaten Bangkalan. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14–30.

Werdinigsih, D., Zuhairi, A., Badrih, M., & Osman, Z. (2021). The Role of the Dynamics of Critical Thinking and Metacognitive Ability in the Successful Learning of Indonesian High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(11), 370–379. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i11.3135

Werdiningsih, D., Zuhairi, A., Arief, N. F., & Osman, Z. (2021). Integrated solution model to support competitiveness and relevance of vocational education in the era of technological disruption. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 10(7), 319–329. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v10i7.1468

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif Dan Sosial Afektif Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 151–160.

Wijoyo, H. (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.

Yunita, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepribadian terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa Jurusan Ppkn Fis Unimed. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.