PERSEPSI PENONTON FILM BUMI MANUSIA KARYA HANUNG BRAMANTYO: ALIH WAHANA NOVEL BUMI MANUSIA KE DALAM FILM

Nurul Hikmawati

Abstract


Abstrak: Pada era modern saat ini membuat laju perkembangan dunia sastra menjadi lebih variatif, inovatif dan kreatif sastra salah satunya melalui media film. Novel alih wahana banyak diminati generasi millennial saat ini, apalagi jika dalam filmnya diperankan oleh aktor-aktor yang sedang naik daun. Tak dapat dipungkiri bahwa pemilihan aktor juga   berpengaruh pada hasil film yang dialihwahanakan. Penelitian yang mengusung sastra alih wahana dan persepsi pembaca novel Bumi Manusia. Dalam hal ini penelitian ini berjudul Persepsi Penonton Film Bumi Manusia Karya Hanung Bramantyo: Alih Wahana Novel Bumi Manusia Ke Dalam Film bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Persepsi penonton film Bumi Manusia terhadap penokohan karakter dalam film Bumi Manusia, (2) Persepsi penonton film Bumi Manusia terhadap latar peristiwa dalam film Bumi Manusia., dan (3) persepsi penonton film Bumi Manusia  terhadap alih wahana novel Bumi Manusia ke dalam film Bumi Manusia.

Pendekatan dalam peneltian ini kualitatif deskriptif, karena menjelaskan deskripsi persepsi penonton film Bumi Manusia. Tujuan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif ini untuk memudahkan penelitian yang dilakukan, karena data yang diperoleh berupa tulisan. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk memperoleh persepsi penonton film Bumi Manusia terhadap film Bumi Manusia dan alih wahana. Dalam prosesnya peneliti melakukan beberapa langkah krusial dalam proses pengambilan data hingga pengolahan yaitu (1) Studi kepustakaan, (2) Membaca novel dan menonton film Bumi Manusia, (3) wawancara tertulis, (4) Mencatat data yang diperoleh, (5) Memasukkan data yang diperoleh ke dalam penelitian, (6) Mengelompokkan data, (7) Kodifikasi data penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persepsi pembaca novel Bumi Manusia dan penonton film Bumi Manusia berpendapat bahwa pemeran Minke, Annelies dan Nyai Ontosoroh dalam film Bumi Manusia berhasil memerankan perannya dengan baik. Peran perempuan ditunjukkan cukup beragam, representasi perempuan mandiri, cerdas, tegas ditunjukkan oleh Nyai Ontosoroh, (2) Persepsi penonton film Bumi Manusia berpendapat bahwa latar waktu, tempat, dan suasana dalam film sudah cukup sesuai dengan novelnya, juga terdapat variasi dan penambahan pada beberapa adegan dalam film., (3) Persepsi penonton film Bumi Manusia berpendapat bahwa Hanung Bramantyo selaku sutradara berhasil mengalihwahanakan novel Bumi Manusia, dengan keterbatasan dan kelebihan sebuah film Hanung berhasil mengemas novel era abad 19-an menjadi film yang digemari dan mudah dimengerti oleh millennial saat ini.

kata kunci: alih wahana, persepsi penonton.


References


DAFTAR RUJUKAN

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Press.

Ambarwati, Ari. 2014. Kajian Feminisme Dalam Sastra Anak. Malang: https://scholar.google.co.id. (Diakses pada tanggal 6 Januari 2020)

Ardianto, DT. (2014). Dari Novel ke Film: Kajian Teori Adaptasi sebagai Pendekatan dalam Penciptaan Film. Panggung, 24(1). http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v24i1.101

Arief, Nur Fajar. 2015. Analisis Wacana Eksplanatif. Malang: Worldwide Readers

Damono, Sapardi Djoko. 2012. Alih Wahana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Fakhrurozi, J. (2020). “Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi.†Artikel: Universitas Teknokrat Indonesia.

Ibrahim, Idy Subandy. 2011. Budaya Populer Sebagai Komunikasi; Dinamika Copescape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.

Kurniawan, I. (2017). “Ekranisasi, Transformasi, dan Alih Wahana.†Artikel. Padang: Universitas Negeri Padang.

Kustandi C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahanani, Bangkit Setia. 2013. Kajian Transformasi Dari Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Ke Film Laskar Pelangi Karya Riri Riza. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Martha, E., & Kresno, S. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Martin, Megasari. 2017. Ekranisasi Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia Ke Film Surga Yang Tak Dirindukan Karya Sutrada Kuntz Agus. Jurnal Kata (Vol. 1, No. 1) hlm 94-100.

Meleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkaji Fiksi.Yogyakarta: Gajah Mada University.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2015. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suseno, dkk. Alih Wahana Hujan Bulan Juni. 2018. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi

Teuww. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Wellek, Rene & Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan oleh Melani Budiantoro. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.