EKOLOGI BUDAYA DALAM SASTRA BAHARI IKO-IKO MASYARAKAT BAJO DI KEPULAUAN SAPEKEN

Rizal Mahsyar, Akhmad Tabrani, Ari Ambarwati

Abstract


Abstrak: Karya sastra merupakan suatu produk budaya yang juga menjadi bentuk atau cara penyampaian dan pola prilaku masyarakat dalam mencapai tujuan tertentu yang memiliki keterkaitan dengan lingkungannya. Karena lingkungan juga telah menjadi faktor penting dalam proses pembentukan suatu karya sastra. Kelompok masyarakat suku Bajo memiliki suatu bentuk sastra lisan yang disebut dengan Iko-Iko. Sastra lisan Iko-Iko merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tuturan secara langsung yang berkembang di masyarakat pesisir kepulauan Sapeken. Sastra lisan tersebut sudah mulai berkembang dan eksis dituturkan oleh nenek moyang masyarakat suku Bajo dari generasi ke generasi. Setiap kisah yang ditampilkan dalam Iko-Iko diyakini memiliki nilai-nilai pendidikan, pesan moral atau norma yang harus dipatuhi bersama guna memberikan keseimbangan dan ketertiban ataupun keharmonisan dalam melestarikan alam. Seiring dengan perkembangan zaman, Eksistensi Iko-Iko di dalam lingkungan masyarakat kepualauan Sapeken telah mengalami masa yang sulit dan terancam punah sehingga diperlukan upaya yang sistematis untuk pelestarian budaya lisan Iko-Iko tersebut. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya sastra bahari Iko-Iko tesebut ialah dengan cara mengumpulkan semua jenis satra bahari yang kemudian dijadikan dalam satu buku Ensiklopedia sastra bahari masyarakat kepulauan Sapeken sehingga sastra tersebut mudah untuk diakses dan dipelajari oleh masyarakat umum.

Kata Kunci: Ekologi Budaya, Sastra Bahari, budaya Iko-Iko, Kepulauan Sapeken

References


DAFTAR RUJUKAN

Akbarini, Rini dkk. 2018. Pemanfaatan Daun Sebagai Pembungkus Makanan Tradisional Oleh Masyarakat Bangka (Studi Kasus di Kecamatan Merawang), Jurnal Penelitian Biologi, (online), Vol 2, No 1.

Alo, Liliweri. 2002. Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogjakarta: PT. LKIS Pelangi Aksara

Ambarwati Ari. 2019. Indonesia Dalam Piringku Merayakan Keberagaman Pangan Pokok. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Budiyanto, Meliyono. 2004. Dimensi Etis Terhadap Budaya Makan dan Dampaknya Pada Masyarakat. Jurnal Makara Sosial Humaniora (online), Vol 8, No 2, (66)

Bakari, Dkk. 2018. Efektivitasalat Tangkap Bubu Dengan Umpan Berbeda Untuk Ikan Baronang. Urnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, (Online), Vol 6, No 1, (8-10).

Darma, Budi. 2004. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikian Nasional.

Duija, I.N. 2005. Tradisi Lisan, Naskah Dan Sejarah: Sebuah Catatan Politik Kebudayaan. Jurnal Ilmu Pengetahu Budaya Universitas Indonesia, (online), Volume 07, Nomor 02,

Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra Konsep, Langkah dan Penerapan. Yogyakarta: CAPS

Faisal, Khairul. 2021. Hati Langit. Yogyakarta: Diva Press.

Hasrawati, Esti Dkk. 2017. Peran Kearifan Lokal Suku Bajo Dalam Mendukung Pengelolaan Kawasan Konservasi Di Kabupaten Wakatobi, Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, (Online), Vol 11, No1.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdiyansah. 2014. Peluang Dan Tantangan Pariwisata Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Nurti Yevita, 2017. Kajian Makanan Dalam Persoektif Antropologi. Jurnal Antropologi Sosial, (online), Vol 29, No 1.

Rahman, Fathu Dkk. 2018. Revitalisasi Pemertahanan Sastra Lisan Suku Bajo Di Sulawesi Selatan. Prosiding-Seminar Antar Bangsa Arkeologi, Sejarah, Bahasa Dan Budaya, Dialam Melayu (ASBAM) Ke-7. Lombok 28-29 Juli, (online),

Sudikan, Setya, 2016. Ekologi Sastra. Lamongan: Cv. Pustaka Ilalang Group.

Suardika Dan Hafid, 2016. Peran Tradisi Lisan Iko-Iko Berbasis Sastra Melayu Dalam Penguatan Etnis Bajo, Jurnal Mudra, (Online), Volume 31, Nomor 1.

Sukmawan Sony, 2016. Ekokritik Sastra Menanggap Sasmita Arcadia. Malang: UB Press.

Tumanggor, Rusmin dkk, 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana

Utami, Sri. 2018. Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Jurnal Strategi Komunikasi, (online) Vol 8, No 6.

Utina, Ramli. 2012. Kecerdasan Ekologis Dalam Kearifan Lokal Masyarakat Bajo Desa Torosiaje Provinsi Gorontalo, Prosiding Konferensi Dan Seminar Nasional Pusat Studi Lingkungan, (Online).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.