PENGEMBANGAN MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WOHA BIMA NTB
Abstract
Abstrak: Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling kompleks karena menulis merupakan keterampilan berbahasa yang masih dianggap sulit oleh siswa karena menulis memerlukan berbagai keterampilan. Keterampilan menulis bahkan kurang diminati di sekolah, sehingga guru tidak hanya berperan dalam mengembangkan kepribadian siswa dan meningkatkan keterampilan kognitif, tetapi juga mencakup pengembangan aspek afektif dan psikomotorik. Salah satu upaya untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan dalam proses belajar mengajar adalah dengan mengambil pendekatan teknologi agar sistem pembelajaran menarik perhatian siswa, khususnya harus didukung dengan adanya media pembelajaran.
           Karena dengan adanya media pembelajaran, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik. Tujuan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran menulis puisi di kelas X SMA Negeri 1 Woha Bima, NTB. (2) Proses pembelajaran dengan mengunakan media pembelajaran pada kelas X SMA Negeri 1 Woha Bima NTB. Dan (3) ketepatan/kelayakan pengembangan produk dalam kaitannya dengan media dalam pembelajaran menulis puisi di Kelas X SMA Negeri 1 Woha Bima NTB.
Pengembangan media pembelajaran menulis puisi berupa produk media pembelajaran yang mengunakan model 4-D (model empat-D), yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu, define, design, develop dan diseminate. Uji coba produk dilakukan dengan 10 orang dan kelompok besar 30 siswa beserta guru bahasa Indonesia, kemudian dianalisis menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan menyebarkan angket validasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Dalam hasil penelitian ini, Analisis Kebutuhan Guru memperoleh skor 83,33%, guru sangat setuju jika pengembangan media untuk pembelajaran menulis puisi pada siswa Kelas X, skor media pembelajaran 93,33% mendukung pembelajaran Make the teaching. dan proses pembelajaran pembelajaran menulis puisi lebih menyenangkan dan kreatif bagi siswa kelas X. Oleh karena itu, baik guru maupun siswa membutuhkan pengembangan media pembelajaran dalam buku puisi, karena hal ini memungkinkan untuk menumbuhkan dan mendorong minat siswa dalam proses belajar mengajar.
Sedangkan pemerolehan nilai dari ahli materi sebesar 92,13%, untuk ahli media mendapatkan nilai 86,52%, sehingga produk yang dihasilkan pengembang berupa media pembelajaran menulis puisi valid dan untuk nilai. Siswa X layak dengan sedikit revisi. Selain itu, jawaban guru memberikan skor 86,66% dan jawaban siswa skor 80,00%, dengan pendapat siswa bahwa materi menulis puisi menggunakan media pembelajaran mudah dipahami dan dipahami. cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah absah.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Menulis, Teks Puisi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Rujukan
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arief, F, N. 2015. Tindakan kebahasaan guru dalam wacana kelas. Malang: Pembaca di seluruh dunia.
Ahmad.2016. Menuliis kreatiIf itu mudah. Yogyakartaa: Araska.
Dalman. 2012. Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmawati & Artati Budi. Kelas X Bahasa Indonesia semester 2. Klaten : PT Macana Jaya Cemerlang.
Emzir & Rohman, Saifur. 2015. Teori Sastra dan Mediasi Sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Faisal, Zurianti dan Leliyanti. 2020. Pengembangan aplikasi media pembelajaran berbasis android untuk siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. Jilid 8. No. 1. Halaman 1-2.
Kementeriian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.. Buku Siiswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Radiansyah. 2018. Mediia Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mata Pellajaran Sistem Operasi Jariingan Kelas Xl. Majalah media informasi. Jilid 14. No. 1. Halaman 15-16.
Nurjani. 2020. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi dengan media gambar seri untuk siswa sekolah dasar kelas V V buku harian Ta'dib. Jilid 23 No. 1. Halaman 19-21.
Rahmat, Muji. 2018. Keefektifan Teknik Puisi Akrostik dalam Pembelajaran Puisi Siswa Kelas X MAN 1 Kota Malang
Priyatni, Endah Tri & Harsiati, titik. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Bumi Literasi.
Panje, M & Slhlabuden. 2016. Pengembangan video pembelajaran bahasa Indonesia teknik membaca puisi. Jurnal Pendidikan. Jilid 1. No.8 halaman. 1473-1478.
Purba,Antilan.2010.Sastraa Indonesia Kontemporer.. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pebrian. 2018. Penerapan metode hypnoteaching untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi anak pada siswa kelas III SD 030 Bagan Jaya. Jurnal Basicedu. Jilid 2. Halaman pertama no. 146-150
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sari, Dewii Kartiika. 2015. Peningkatan Keteraampilan MenulIis Puiisi Menggunakann Teknik Puisi Akrostik: Siimbol J (Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran. Sari, Dewi Kartika. 2015. No (2). Vol 3:1-10.
Rani, A, Arifin, B dan Martutik. 2010. Analisis Wacana Kajian penggunaan bahasa Indonesia. Malang: Bayu Media.
Tarigan, Henry. 2008. Menulis sebagai kompetensi bahasa. Bandung: luar angkasa.
Trianto. 2010. Model pembellajaran terpadu: PT Bumi Aksara.
Tafono. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal untuk komunikasi pendidikan. Jilid 2. No. 2. Halaman 104-105.
Refbacks
- There are currently no refbacks.