PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (PEMBENTUKAN KATA) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 KOTA BIMA

Adi Saputra

Abstract


Abstrak: Di tengah perkembangan teknologi dan dunia pendidikan hari dapat mempengaruhi perkembangan anak khususnya perkembangan dalam berbahasa, semua orang dapat belajar bahasa di manapun yang dikehendaki namun di satu sisi ada beberapa anak yang tidak dapat mengagunkan perkembangan itu semua disebabkan oleh kelainan yang dimiliki, anak seperti ini biasa disebut anak berkebutuhan khusus maka dari itu perlu kemudian perhatian khusus terhadap mereka melalui pendidikan maupun terapi yang dilakukan.

Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan pemerolehan kata dasar anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita, (2) Mendeskripsikan pemerolehan pengimbuhan kata anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita, (3) Mendeskripsikan pemerolehan pengulangan kata anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita, (4) Mendeskripsikan pemerolehan pemajemukan kata anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita.

Berdasarkan tujuan di atas maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan jenis studi kasus yang bermaksud mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita di SLB Negeri 1 Kota Bima. Penelitian ini difokuskan pada pemerolehan bahasa kedua (Pembentukan kata) anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri yang bertindak sebagai pengumpul dengan mengamati pemerolehan bahasa anak melalui lisan dan tulisan. Data yang diperoleh dari hasil tuturan lisan dan tulisan siswa akan di analisis menggunakan tiga hal yang pertama reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan tiga hal ini saling berkaitan dalam melakukan analisis.

Berdasarkan hasil analisis dalam pemerolehan bahasa kedua siswa anak berkebutuhan khusus tunagrahita mulai dari pemerolehan kata dasar minum, bantu, belajar, pengimbuhan kata di-jemput, ke-rumah, se-hari, pengulangan kata bantu-bantu, teman-teman, dan pemajemukan kata kantor camat, jualan nasi dalam berkomunikasi dapat dikatakan cukup baik dalam merealisasikan namun ketika mengucapkan kata lebih dari satu terkadang lamban di karana siswa berfikir sesuatu yang akan diucapkan.

Kata Kunci: Pemerolehan bahasa, pembentukan kata, anak berkebutuhan khusus, tunagrahita


References


DAFTAR RUJUKAN

Arifuddin (2010) “Neuropsikolinguistik†Hal 117-124 Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakartaâ€

Cahyaningrum Rahma Kartika, 2012. Tinjauan Psikologi Kesiapan Guru Dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskripsi Di SD Dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho), (Educational Psychology Journal), (Daring), Vol 1 No 1, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj, di unduh 24 Maret 2021 pukul 18:04 Wita).

Haliza Nur Dkk, 2020. Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa, (Jurnal Genre), (Daring), Vol 2 No 1, (http://journal2.uad.ac.id/index.php/genre/index, di unduh 24 Maret 2021 pukul 17:54 Wita)

Hardani, dkk 2020. “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif†Hal 123 & 137-138, Yogjakarta, Penerbit CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakart.

M. Rafiek & Noortyani Rusman, “Pemerolehan Kosakata Anak Usia Dini Di kota Banjarmasinâ€Hal 7-24 Yogyakarta, Penerbit Pustaka Pelajar.

Mustakim & Sriyanto, 2014 “Bentuk & Pemilihan Kata†Hal 3-6 Jakarta, Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nafsiyah Zunaidatun, 2018 (Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di LSB C Kemala Bhayakari 2 Gresik), (Jurnal Library Unisma), (Daring), Vol 6 No 3, (http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=29424, di unduh 24 Maret 2021 pukul 13:39 Wita).

Nida Fatma Laili Khoirun, (2013) Komunikasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, (AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam), (Daring), Vol 1 No 2, (https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/431/455, di unduh 24 Maret 2021 pukul 15:39 Wita).

Nisa Khairun, Dkk 2018. Karakteristik & kebutuhan anak berkebutuhan khusus, (Jurnal Abadimas Adi Buana), (Daring), Vol 2 No 1, (http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas/article/view/1632, di unduh 17 Juni 2021 pukul 09:27 Wita).

Noviandari Harwanti & Huda Tian Fitriara, (2018) Peran Sekolah Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB PGRI Bangorejo Bayuwangi, (Jurnal Psikologi), (Daring), Vol 5 No 1, (https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1168, di unduh 24 Maret 2021 pukul 15:35 Wita).

Nugrahani Farida, (2014) “Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa†Hal 107 Surakarta, Penerbit Surakarta.

Nuraen Lenny, (2015). Pemerolehan morfologi (verba) Pada anak usia 3, 4 dan 5 tahun (suatu kajian neuro psikolinguistik), (Jurnal: Tunas Siliwangi), (Daring), Vol 1 No 1, (http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/89, di unduh 3 Januari 2021 pukul 10:50 Wita).

Pandudinata Reza, Dkk 2018. Pemerolehan Bahasa Anak Tunagrahita di Kabupaten Pacitan, (Jurnal ilmiah ilmu-ilmu Humaniora: Humanus), (Daring), Vol 17 No 1, (https://doi.org/10.24036/humanus.v17i1, di unduh 9 April 2021 pukul 17:33 Wita).

Pandudinata Reza, Dkk 2018. Pemerolehan Bahasa Siswa Tunagrahita Kelas VI SD, (Jurnal Retorika), (Daring), Vol 11 No 1, (https://media.neliti.com/media/publications/256795), di unduh 17 Juni 2021 pukul 10:32 Wita).

Putri Kdk. Ary Kunti Dkk, 2014 Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dinindi Desa Beraban, Kecematan Kediri, Kabupaten Tabanan, (Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha), (Daring), Vol 3 No 1, (https://www.neliti.com/id/publications/206979/, di unduh 01 Maret 2021 pukul 10:51 Wita).

Putri Marlina Julananda, & Sumarlam, (2018). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di Paud Nur Insani Piyaman, Wonosari, Gunungkidul (Jurnal: Medan Makna), (Daring), Vol 16 No 2, (https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/medanmakna/article/view/845/1128, di unduh 3 Januari 2021 pukul 10:51 Wita).

Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus, (2020). Pembelajaran Keterampilan Literasi Permulaan Anak Disabilitas Autis Dengan Strategi ABA Modifikasi Pada Masa Pandemi Covid-19, (Jurnal Ilmiah NOSI) (Daring), Vol 8 No 2, (http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/7726), di unduh 12 Juli 2021 pukul 20:18 Wib).

Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus (2014) “Tindakan Bahasa Terapis Dalam Intervensi Klinis Pada Anak Autis†(Jurnal Litera), (Daring), Vol 13 No 2, (https://journal,uny.ac.id/index.php/litera/article/view/2580/2135, diunduh 29 juli pukul 19:28 Wib).

Rakhmanita Elsa, 2020 “Kajian Psikolinguistik terhadap Gangguan Berbahasa Autisme†(Artikel), (Daring), (https://osf.io/s8mu5/download/?format=pdf, di unduh 26 maret pukul 11:00 Wita).

Sukirman 2012. Hubungan Antara Perkembangan Kognitif Anak Dan Pemerolehan Bahasa, (Jurnal: Ulul Albar), (Daring), Vol 14 No 1, (https://media.neliti.com/media/publications/221803, di unduh 04 Ferbuari 2021 pukul 07:00 Wita).

Tarigan Henry Guntur (2010) “Psikolinguistik†Hal 227 Bandung, Penerbit Angkasa.

Yanni Avi, Dkk (2020) “Analisis Kemampuan Intelektual Anak Tunagrahita Ringan Di SD Negeri Demakijo 2†(Jurnal Pendidikna), (Daring), Vol 21 No 1, (https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/843, di unduh 17 mei pukul 22:37 Wita).

Yusuf Enjang Burhanudin, (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak, (Jurnal: Yinying/Studi Islam, Gendre, dan Anak), (Daring), Vol 11 No 1, (http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/826/705/, di unduh 9 Ferbuari 2021 pukul 10:27 Wita).

Zaim M, (2014) “Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural†Hal 13 Padang, Penerbit FBS UNP Prees.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.