PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH UNTUK KELAS XI SMAN 1 MENTAYA HILIR UTARA KOTAWARINGIN TIMUR - KALIMANTAN TENGAH

Nikkon Bhastari, Akhmad Tabrani, Luluk Sri Agus Prasetyoningsih

Abstract


Abstrak: Meningkatnya perkembangan teknologi berdampak pada lajunya pengolaha informasi. Pertumbuhan teknologi berpengaruh besar terhadap pentingnya sumber daya agar penggunaannya dapat memberikan manfaat yang baik. Terlebih lagi saat wabah Covid 19, dimana aktivitas belajar mengajar dilakukan secara daring. Selama masa pandemi ini pendidik  dan peserta didik dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menerima dan memberi pembelajaran.  Namun, Pembelajaran secara jarak jauh atau e-learning selama pandemi Covid 19 dapat membuat peserta didik merasa kurang termotivasi. Selain itu, pendidik juga dapat merasakan kebingungan tentang penyajian materi pembelajaran mereka. Media dapat digunakan sebagai bahan belajar alternatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan. Hal ini selaras dengan pendapat dari Ahmad sudrajat menyatakan bahwa media adalah sesuatu yang dapat menyampaikan pesan dan dapat menstimulus perasaan, pikiran, dan keinginan peserta didik sehingga termotivasi dalam proses belajar. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis elektronik merupakan salah satu kebutuhan peserta didik masa kini serta penyampain materi teks ceramah tidak cukup hanya dengan menggunakan media gambar dan teks. Akan lebih menarik jika terdapat video yang membantu secara visual.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran teks ceramah, menjelaskan tentang proses pengembangan media pembelajaran menganalisis teks ceramah, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran menganalisis teks ceramah.

Model pengembangan yang diterapkan di penelitian ini adalah model dari Borg and Gall yang memiliki 4 tahapan, yaitu pertama pengumpulan informasi, kedua perencanaan, ketiga pengembangan produk, dan keempat adalah validasi dan uji coba. Uji coba produk skala kecil dilakukan dengan jumlah 18  peserta  didik dan seorang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kalitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan dengan tingkat persentase 78,3 % guru setuju apabila diadakan pengembangan terhadap media pembelajaran teks ceramah bagi peserta didik kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara. Selain itu, peserta didik juga menyatakan 66,7% sangat setuju bahwa penyampaian materi teks ceramah tidak cukup hanya dengan menggunakan media gambar dan teks. Akan lebih menarik jika terdapat video yang membantu secara visual. Selama proses pengembangan terdapat 3 tahapan yang harus dilakukan yaitu, membuat naskah rekaman, membuat rekaman video, mengedit video dengan menggunakan aplikasi Wondershare Filmora9 untuk menambahkan tulisan, tampilan, suara dan durasi sehingga video dapat disajikan. Hasil validasi dari ahli materi tingkat persentase  yang diperoleh adalah 87,50 % sedangkan dari ahli media tingkat persentase  yang diperoleh adalah 82,50 %. Dari hasil validasi yang diperoleh menunjukkan bahwa produk media pembelajaran teks ceramah peserta didik kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Pada respon guru menunjukkan tingkat persentase  90 %,  sedangkan pada respon peserta didik tingkat persentase yang diperoleh adalah  94,44 % peserta didik menyatakan sangat setuju jika media membuat materi teks ceramah gampang dicerna dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks ceramah. Dari hasil validasi yang diperoleh disimpulkan bahwa media pembelajaran teks ceramah sudah layak dan dapat diimplementasikan tanpa perbaikan .

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Video Pembelajaran , Teks Ceramah.

References


DAFTAR RUJUKAN

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Arsjad, Mardar dan Mukti U.S. 1993. Pembimbingan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Airlangga

Borg, W.R. & M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman

Dahar, Ratna Wilis, 1989, Teori Belajar, Jakarta : Erlangga Press.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan nasional.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Gagne dan Briggs. 1979. Pengertian Pembelajaran. http://www.scribd.com/doc/ 50015294/13/ B-Pengertian-pembelajaranmenurut-beberapa-ahli (diakses pada tanggal 9 September 2019)

Iskandar Wiryokusumo dalam Afrilianasari. 2014 Teori Pengembangan, Surabaya

Mulyati Arifin, dkk.2005. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Malang : UM Press.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

-------. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung : Alfabeta.

Sujarwo. (2011). Model-model Pembelajaran: Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus Gold Press

Suhardi.2007. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Jurdik Biologi FMIPA UNY.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan(Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Punaji, Setyosari.2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Wiyarsih, Antuni dan Sutiman. (2009). Pengaruh Peta Konsep terhadap Motivasi dan Penguasaan Konsep Kimia Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi II Tahun XIV. Hlm. 81-96

Yusnita, Ria. 2008. Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.