HUBUNGAN SELF ESTEEM DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SD ISLAM NU LAWANG

Alfiandari Rifda Nafiskha, Ika Ratih Sulistiani, Muhammad Sulistiono

Abstract


Learning is the most important thing in education, learning goes well if the teacher understands better about the student's condition, one of which is the psychological factor, which is about a sense of self-esteem. The purpose of this study is to determine whether there is a correlation between self-esteem and the social environment of students at SD Islam NU Lawang. This type of research is a survey research through a quantitative approach with the data collection method is the distribution of questionnaires in grade 5 using data analysis, namely product correlation moments. The results of the study showed that between self-esteem and the social environment of students through the calculation of product correlations with the x and y variables, there is a correlation of 0.614 which means that the correlation of the two variables is high or strong.

 

Kata kunci: Penghargaan, Lingkungan Sosial, Harga Diri, 


Full Text:

PDF

References


Agustin, Nella. Ika Maryani. Dkk. 2021. Peran Guru dalam Membentukan Karakter Siswa (Antalogi Essai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Yogyakarta. UAD Press

Anshori, Muslich. 2019. Metode Penelitian kuantitatif: Edisi 2. Surabaya. Airlanggar University Press

Anwar, Shabri Shaleh dan Masyunita. 2016. Pendidikan Keluarga Pendekatan Alquran dan Hadist. Tanpa Kota. Yayasan Doa Para Wali.

Branden, Nathaniel.1995. The Six Pillars of Self-esteem. Britania Raya: Bantam.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT REMAJA ROSDAKARYA

Ghufron, M & Risnawati S, Rini. 2012. Teori Teori Psikolog. Yogyakarta. Ar-Russ Media

Handayani, Riska. 2019. Pengaruh Tempat Tinggal Dan Pola Asuh Orang tua Terhdap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa. Universitas negri Jakarta. Vol.6 No.1

Hapudin, Muhammad Sholeh. 2021 Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Prenada Media.

Herdiawanto, Heri & Jumanta Hamdayana. (2021). Dasar-dasar Penelirian Sosial. Jakarta. Prenada Media

Kurniawan, Didik & Dhoriya Urwatul Wustqa. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Hidup, Sosial Terhadap Prestasi belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1

Kusnanti, Erin (2017). Kelekatan, Harga Diri dan Penyesuaian Sosial Pada Korban Perundungan. Jurnal Psikologi. Volume. 16 Nomor. 2. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/15563

Kusumawati, Ois Dian Tri. Agus Wahyudin. Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyakat, Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Jurnal Penelitian Universitas Negri Semarang. Vol.6 No.2

Mukhid,Abd. 2019. Metodologi penelitian Kuantitatif. Surabaya CV Jakad Media Publishing.

Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.

Purba, Jonny. 2002. Pengelolaan Lingkungan Sosial. Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia

Roehlkepartain, Leffert Nancy. 2005. Apa Yang Dibutuhkan Anak-anak Agar Sukses. Batam Centre. Interaksara

Romadayani, Anggelia Asri Fia. Ika Ratih Sulistiani dan Muhammad Sulistiono. (2020). Pembentukan Akhlaq Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Ahmad Yani Batu. Vicratina : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5 Nomor 9. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7725/6240.

Setiawan, Agung dan Ika Ratih Sulistiani. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya, dan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Dasar Pada SD/MI. Elementeris:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Volume 1 Nomor 1. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/download/2767/2587

Subakti, H., Dina, C., Rosmita,s.s., Agung, N., Michael, R., Muhammad. N., Sony, K., Rahmi, R., Joni, W.S. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sudaryono. (2021). Statistik II : Statistik Inferensial Untuk Penelitian. Yogyakarta. Penerbit Andi

Syafril & Zelhendri Zen. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok. KENCANA

Wihardjo Sihadi Darmo & Henita Rahmayanti. 2021. Pendidikan Lingkungan Hidup. Pekalongan. PT. Expanding Management

Yunalia, Endang Mei. Arif Nurma Etika. 2020.Remaja dan Konformitas Teman Sebaya. Malang. Ahlimedia Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.