PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Nurul Lilla Safitri, Muhammad Sulistiono, Devi Wahyu Ertanti

Abstract


The background of this research is the pandemic era which causes schools to go online and parents take an important role in children's education. Parents who supervise and guide their children will be able to create good communication and have an effect on student achievement. This research is located in Pakisaji, namely SD Karang Pandan 1, and was conducted on forty students.

This study uses a quantitative approach and instrument interviews, questionnaires, observations, and data documentation. The result of this research is that there is an influence between parental guidance and student achievement. Parents who provide either short or long time, or provide learning infrastructure will have an effect on students. The positive influence that occurs is, students' self-confidence increases, students' enthusiasm for learning increases, and student achievement is good at school.


Full Text:

PDF

References


Abdul, & Sofyana. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Unimed.

Anggreini, Jesika. 2021. Pengaruh Bimbingan Belajar Di Rumah Dari Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 046411 Doulu Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Universitas Berastagi.

Anjar. 2017. Bentuk- Bentuk Bimbingan Orang Tua Terhadap Anaknya. Wawasan Pendidikan.

Arumiyah, Siti. 2018. Manfaat Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia. Vol. 1

Bilfaqih, Qomarudin. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta : Deepublish

Evi, Tika. 2020. Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 2

Hasby, Bakhrudin. 2017. Filosofi Keilmuan Bimbingan dan Konseling. Universitas Darul Ulum. Jurnal Pendidikan : Vol 2

Manik, Sukarlo. 2020. Upaya Meningkatkan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pena Edukasi. Vol.7

Mawaddah. 2022. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tingkat Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah Di Lembaga Bimbingan Belajar Al Mumtaz Wilangan Pada Masa Pandemi Tahun 2020. Ponorogo : Electronic Thesis.

Nana, Syaodih Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung. PT Remaja Ros dan Karya

Setiawan, Pirman. 2013. Perbandingan Tingkat Percaya Diri Dalam Pembelajaran Matematika Antara Siswa Yang Megikuti Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Dengan Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar di Dalam Sekolah. Cirebon : IAIN Syech Nurjati.

Subakti, H., Dina, C., Rosmita,s.s., Agung, N., Michael, R., Muhammad. N., Sony, K., Rahmi, R., Joni, W.S. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sudaryono. (2021). Statistik II : Statistik Inferensial Untuk Penelitian. Yogyakarta. Penerbit Andi

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfa Beta

Sulistiono, Muhammad. 2021. Upaya Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Mts Ma’Arif NU sunan Ampel Mojokerto. Vicratina. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6

Syifa, Musfiyah.. 2022. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah MUBTADI : Vol 3 no 22.

Wahyu, Devi. 2020. Model Bowling Monster Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. E-journal Laitabah : vol. 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.